Doa Mencintai Tanah Air yang Diamalkan Nabi

 Doa Mencintai Tanah Air yang Diamalkan Nabi

Kemenag Apresiasi Penyelenggaraan Haji 1443 H (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Mencintai Tanah Air (hubbul wathan minal imanadalah kewajiban bagi seluruh rakyat, termasuk dengan menjaga Tanah Air. Bahkan Nabi Saw menganjurkan doa yang dibaca dalam menjaga Tanah Air.

Doa Nabi dalam menjaga Tanah Air ini bisa dibaca setiap selesai salat, berikut ini redaksi doa tersebut:

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّارْزُقْ اَهْلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنْ اٰمَنَ مِنْهُمْ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَاُمَتِّعُهٗ قَلِيْلًا ثُمَّ اَضْطَرُّهٗٓ اِلٰى عَذَابِ النَّارِ ۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ

Wa iż qāla ibrāhīmu rabbij’al hāżā baladan āminaw warzuq ahlahụ minaṡ-ṡamarāti man āmana min-hum billāhi wal-yaumil-ākhir. Qāla wa mang kafara fa umatti’uhụ qalīlan ṡumma aḍṭarruhū ilā ‘ażābin-nār, wa bi`sal-maṣīr.

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa. Berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian.

Dalam Alquran surah Al-Baqarah, Allah berfirman: “Dan kepada orang yang kafir pun Aku beri kesenangan sementara. Kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.” (Qs. al- Baqarah/02;126)

Menurut Ibnu Asyur, doa ini juga termasuk doa seluruh Nabi atas negaranya masing-masing. Setiap Nabi berdoa atas negaranya agar terwujud keadilan, kebanggan, dan kesejahteraan.

Semua Nabi memiliki rasa nasionalisme terhadap bangsa dan tanah airnya. Oleh karena itu, ulama asal Tunisia ini mengatakan bahwa keadilan, kebanggaan dan kesejahteraan penting. Untuk membangun negara dan mengatur kekayaan dan sumber daya tiap negara.

“Nasionalisme ini adalah rasa cinta kepada Tanah Air, yang para Nabi sangat mencintai Negara asal kelahiran mereka. Setiap Nabi selalu mendoakan negaranya agar selalu terwujudnya keadilan, kebanggaan, dan kesejahteraan,” Ibnu Asyur.

Oleh karena itu, doa para Nabi terhadap cinta Tanah Air harus kita amalkan. Agar Negara kita damai dan sejahtera, selalu dalam lindungan Allah SWT.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *