Cancel Preloader

Doa Ketika Mengalami Mimpi Buruk

 Doa Ketika Mengalami Mimpi Buruk

doa mimpi

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Mimpi bagi sebagian orang merupakan pengantar tidur, ada pula yang menyebutkan sebagai bunga tidur. Apalagi ketika berhadapan dengan hal-hal yang tidak kita inginkan, rasanya mimpi tersebut menjelma sebagai sesuatu yang menakutkan sehingga tidak bisa dihindari. Demikian pula terjadi ketakutan, ketika bermimpi hal buruk yang membuat kita tidak bisa tidur sehinga membuat berantakan.

Seseorang yang mengalami mimpi dalam tidurnya, tidak bisa dipungkiri bahwa hasil pengaruh dari kondisi emosional. Kondisi dirinya yang dilakukan dalam kesehariannya, kemudian berdampak pada proses tidurnya.

Hal ini karena salah satu anggota tubuh yag masih berfungsi meskipun sudah tidur yakni otak sehingga ketika kita memikirkan hal-hal yang tidak baik, atau berfikir tentang sesuatu yang buruk, dapat berpengaruh terhadap pola tidur kita, termasuk mengalami mimpi.

Mimpi dari Segi Sains dan Psikologi

Dilansir dari Wikipedia, mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, Terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Dapat dipastikan bahwa ada atau tidak adanya  mimpi tergantung bagaimana kita mengelola diri kita sendiri sebelum tidur. Jika pikiran kita tenang, perasaan kita juga aman, kemungkinan besar kita tidak akan mengalami mimpi tersebut.

Beberapa peneliti, menganggap bahwa mimpi itu wajar dialami oleh seseorang pada saat tidur. Di era 1980-an, peneliti menganggap bahwa mimpi tak lain sebuah proses yang terjadi di otak untuk “membersihkan” memori-memori yang tidak diperlukan. Sementara itu, berbanding terbalik dari teori sebelumnya, penelitian lain justru beranggapan bahwa mimpi membantu proses daya ingat dan pembelajaran di otak.

Namun, di luar itu semua, ada juga beberapa ahli psikologi dan pengamat mimpi seperti Ian Wallace dan Russell Grant yang yakin bahwa mimpi merupakan simbolisasi dari peristiwa tertentu yang kita alami. Berarti, mimpi yang berbeda juga menyimpan makna yang berbeda. Lalu bagaimana ketika kita mengalami mimpi? Baik itu mimpi buruk atau bukan?

Doa Mimpi Buruk

Dilansir dari NU.or.id, Imam Nawawi mengutip riwayat hadis ini di dalam karyanya Al-Adzkar. Berikut doa saat mimpi buruk:

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallâhu, allâhu rabbî, lâ syarîka lahû. A‘ûdzu bikalimâtillâhit tâmmati min ghadhabihi wa min syarri ibâdihi wamin hamazâtis syayâtîni wa an yahdhurûni.

Artinya, “Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu”.

Seperti apa pun mimpi yang kita alami, semoga kita semua dilindungi oleh Allah Swt. Amiin. Wallahu a’lam

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 3 =