Doa Ini Wajib Anda Baca Ketika Jatuh dalam Keterpurukan

 Doa Ini Wajib Anda Baca Ketika Jatuh dalam Keterpurukan

Pesan Alquran Kepada Kaum Mustad’afin (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Dalam hidup, Anda tidak hanya akan menemui kemudahan. Ada kalanya ketika jatuh dalam keterpurukan dan tidak ada seorang pun yang datang kepada Anda dan memberika pertolongan.

Di titik itulah kita akan sadar bahwa hanya Allah SWT.-lah sebaik-baik penolong. Oleh sebab itu, Allah SWT. menganjurkan kita untuk banyak-banyak berdoa dan meminta pertolongan hanya kepada-Nya.

Sebagaimana Anggota Fatwa Darul Ifta Mesir, Syekh Uwaidah Utsman, menyampaikan, Imam Bukhari telah meriwayatkan hadis dengan sanad yang sampai pada Rasulullah SAW. Disebutkan, Rasulullah SAW saat berada dalam masalah yang besar, biasa mengucapkan doa sebagai berikut:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

La ilaha illallahul adhimul halimu la ilaha illallahu rabbul ‘arsyil adhimi la ilaha illallahu rabbussamawati wa rabbul ardhi wa rabbul ‘arsyil karimu.

“Tiada sesembahan yang benar selain Allah Yang Maha Agung Lagi Mahapenyabar. Tiada sesembahan yang benar selain Allah Rabb ‘Arsy yang agung. Tiada sesembahan yang benar selain Allah Rabb langit dan bumi dan Rabb ‘Arsy yang Mulia.”

Dikutip dari Republika, Syekh Uwaidah mengatakan, “jika diamati, itu memang bukan ucapan doa melainkan ucapan pujian kepada Allah SWT. Namun Imam Bukhari memberi judul pada kitabnya atas doa tersebut dengan judul ‘Doa (saat ada dalam) Keterpurukan’.”

Hal itu, lanjutnya, menunjukkan bahwa Allah memberinya sesuatu yang lebih baik bagi siapa pun yang menyibukkan dirinya dengan mengingat Allah SWT. ketika tertimpa kesulitan.

Syekh Uwaidah menekankan, setiap Muslim yang sedang jatuh dalam keterpurukan wajib membaca doa ini. Doa yang merupakan pujian kepada Allah SWT. yang akan melepaskan semua kesulitan.

 

 

 

Sumber: elbalad via Republika

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × four =