Doa Berlindung dari Overthingking Menurut Ibnu Atha’illah

 Doa Berlindung dari Overthingking Menurut Ibnu Atha’illah

Doa agar hajat terkabul (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Allah SWT. memberi kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan berlindung dengan-Nya, terutama saat overthingking, melalui salat dan doa. Bagi beberapa orang, overthingking atau berpikir berlebihan dapat membuat tidak tenang sekaligus awal masuknya penyakit.

Oleh karena itu dalam menjalani kehidupan ini manusia tidak boleh lepas dari salat dan doa. Agar ketika telah overthingking tidak terperosok ke dalam hal-hal yang mudharat.

Doa berlindung dari overthingkin yang diijazahkan oleh Ibnu Atha’illah ini bisa dibaca kapan saja. Namun akan lebih baik jika dibaca setelah salat.

Berikut redaksi doa yang dimaksud sebagaimana Ibnu Atha’illah meriwayatkannya:

اللَهُمَّ ادْخِلْنَا رِيَاضَ التَفْوِيْضِ وَ جَنَّاتِ التَسْلِيْمِ وَ نَعِّمْنَا بِهَا وَ فِيْهَا وَ اجْعَلْ أَسْرَارَنَا مَعَكَ لَا مَعَ نَعِيْمِهَا وَ لَذَّتِهَا وَ لَذِّذْنَا بِكَ لَا بِزِيْنَتِهَا وَ بَهْجَتِهَا اللَّهُمَّ أَشْرِقْ عَلَيْنَا مِنْ أَنْوَارِ الإِسْتِسْلَامِ إِلَيْكَ وَ الإِقْبَالِ عَلَيْكَ مَا تَبْتَهِجُ بِهِ أَسْرَارُنَا وَ تَتَكَمَّلُ بِهِ أَنْوَارُنَا اللَّهُمَّ إِنَّكَ قَدْ دَبَّرْتَ كُلَّ شَيْءٍ قَبْلَ وُجُوْدِ كُلِّ شَيْءٍ وَ قَدْ عَلِمْنَا أَنَّهُ لَنْ يَكُوْنَ إِلَّا مَا تُرِيْدُ وَ لَيْسَ هَذَا العِلْمُ نَافِعًا لَنَا إِلَّا أَنْ تُرِيْدُ فَرُدَّنَا بِخَيْرِكَ وَ ارْفَعْ شَأْنَنَا بِفَضْلِكَ وَ اقْصُدْنَا بِعِنَايَتِكَ وَ حُفَّنَا بِرِعَايَتِكَ وَ اكْسِنَا مِنْ مَلَابِسِ أَهْلِ وِلَايَتِكَ وَ ادْخِلْنَا فِى وُجُوْدِ حِمَايَتِكَ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya:

“Ya Allah masukkanlah kami pada surga kepasrahan dan penyerahan diri kepada-Mu, dan berilah kami kenikmatan di dalamnya. Jadikanlah hati kami selalu bersama-Mu, bukan bersama kenikmatan dan kesenangannya. Jadikanlah hati kami bersama-Mu bukan bersama hiasan dan kemegahannya.

Ya Allah, pnacarkanlah kepada kami sinar penyerahan diri dan menghadap-Mu yang membuat hati kami senang dan cahaya kami lebih terang. Ya Allah, Engkau telah mengatur segala sesuatu sebelum sesuatu itu ada, dan kami tahu baha itu tidak akan terjadi kecuali atas kehendak-Mu.

Pengetahuan kami ini tidaklah berguna bagi kami kecuali Engkau menghendakinya. Maka, kehendakilah kami agar mendapatkan kebaikan dan karunia-Mu, jadikanlah kami tujuan perhatian-Mu, liputilah kami dengan pemeliharaan-M.

Berilah kami pakaian dari busana para kekasih-Mu, dan masukkanlah kami dalam penjagaan-Mu. Sungguh Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Disamping itu, Anda juga bisa mengamalkan doa lainnya yang diajarkan oleh Ibnu Atha’illah as-Sakandari sebagai berikut. Doa ini juga bisa melindungi Anda dari overthingking yang menyerang sehingga membuat Anda tidak nyaman serta tidak khusyuk dalam beribadah.

اللّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ فِى العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِنَ المُسْتَسْلِمِيْنَ إِلَيْكَ وَ مِنَ القَائِمِيْنَ بَيْنَ يَدَيْكَ وَ اخْرِجْنَا مِنَ التَدْبِيْرِ مَعَكَ أَوْعَلَيْكَ وَ اجْعَلْنَا مِنَ المُفَوِّضِيْنَ إِلَيْكَ

Artinya:

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu, semoga Engkau mencurahkan salawat kepada Nabi Muhammad Saw. beserta keluarganya sebagaimana Engkau mencurahkan shalwat kepada Nabi Ibrahim as. Beserta keluarganya di seluruh alam. Sungguh Engkau Maha Terpuji lagi Mahamulia.

Ya Allah, jadikanlah kami termasuk hamba-Mu yang berserah diri kepada-Mu, senantiasa berada dalam naungan-Mu. Keluarkanlah kami dari keinginan mencampuri pengaturan-Mu atau mengharap pengaturan dari selain-Mu, dan jadikanlah kami termasuk hamba yang memasrahkan diri kepada-Mu.”

Itulah doa berlindung dari overthingking yang dapat Anda amalkan sehingga Allah SWT. melindungi kita semua dari hal-hal mudharat.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 + 13 =