Doa Agar Terhindar dari Fitnah Dunia dan Akhirat

 Doa Agar Terhindar dari Fitnah Dunia dan Akhirat

doa fitnah

HIDAYATUNA.COM – Fitnah merupakan hal yang sangat dihindari oleh sebagian besar orang.

Hal ini lantaran fitnah bisa menjadi “senjata” paling mengerikan. Seseorang yang terkena fitnah dapat kehilangan segala apa yang dimiliki, baik harta benda, martabat, bahkan sampai nyawa.

Hanya dengan lindungan dan kehendak Allah-lah, seseorang dapat terhindar dari fitnah, baik fitnah di dunia maupun di akhirat kelak. Oleh karena itu, kita diperintahkan agar senantiasa bertaqwa dan menjauhi hal-hal yang mendekati maksiat.

Selain itu, Allah dan Rasulullah mengajarkan beberapa doa yang dapat dipanjatkan guna terhindar dari fitnah. Berikut ini Muslimahdaily rangkum doa-doa agar terlindungi dari fitnah.

Doa Agar Dihindarkan dari Fitnah

Allah Subhanahu wa ta’ala dalam Al Qur’an Surat Yunus ayat 85-86 menjelaskan sebuah doa yang bisa dibaca agar terhindar dari kezaliman dan fitnah.

رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbana la taj’alna fitnatan lil qaumidz dzalimin. Wa najjina birahmatika minal qaumil kafirin.

Artinya: “Ya Tuhan kami. Semoga Engkau tidak menjadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang dzalim (buruk amal perbuatannya), dan pastinya Engkau pun berkenan menyelamatkan kami dengan rahmat-Mu dari (tipu daya) orang-orang yang kafir (mengingkari dan memusuhi ajaran-ajaran-Mu).” (QS. Yunus: 85-86).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berlindung dari lima perkara di penghujung shalatnya dengan membaca:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Allahumma inni a’uudzu bika minal bukhli wa a’uudzu bika minal jubni wa a’uudzu bika min an uradda ilaa ardalil ‘umuri wa a’uudzu bika min fitnatid dunya wa adzaabil qabri.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebakhilan, aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut, aku berlindung kepada-Mu dari kepikunan, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan siksa kubur.” (HR. Al-Bukhari, Al-Tirmidzi, al-Nasai, dan Ahmad)

Doa tersebut dapat dibaca saat penghujung shalat, yakni setelah membaca tasyahud dan shalawat nabi dan sebelum salam.

Demikianlah doa berlindung dari fitnah. Semoga kita semua dalam lindungan Allah Ta’ala. Aamiin Allahumma Aamiin.

Pipit Candra

https://hidayatuna.com/

Suka menulis hal-hal random yang dekat dengan dirinya.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven + 2 =