Al-qur'anKabar Nasional

Disebut Dalam Qur’an, Ini Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Di dalam kitab suci al-Qur’an, Allah SWT telah menyinggung berbagai jenis buah-buahan, salah satunya adalah buah pisang. Misalnya di dalam suart al-Waqiah ayat 27-30, Allah SWT menyebut tentang buah ini.

“Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri. Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). Dan naungan yang terbentang luas.” (QS: Al-Waqi’ah ayat 27-30)

Sebagaimana diketahui pisang merupakan makanan sehat, lezat, harganya murah dan mudah didapat, namun saat tidak banyak orang menanam pisang, padahal pisang punya segudang manfaat dan nutrisi yang baik untuk pencernaan, kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

Setidaknya ada 9 manfaat pisang untuk kesehatan, yakni:

  1. Pisang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan karena kaya serat dan pati resistan yang dapat memberi makan bakteri baik di usus yang melindungi kita dari risiko kanker usus besar.
  2. Pisang mengandung antioksidan dan kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Pisang memiliki nutrisi yang menyeimbangkan gula darah karena mengandung pektin dan pati resistan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat proses pengosongan perut. Itu karena pisang memiliki peringkat rendah pada indeks glikemik yang meningkatkan kadar gula darah dan pisang membuat awet kenyang sehingga bagus untuk makanan diet.
  3. Pisang dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori, namun tinggi nutrisi dan serat.
  4. Pisang mendukung kesehatan jantung karena mengandung kalium dan magnesium yang penting untuk kesehatan jantung.
  5. Pisang juga bisa mencegah asma, para ahli menemukan bahwa anak-anak yang makan pisang setiap hari berkurang risikonya untuk terkena asma hingga 34 %.
  6. Pisang mengandung antioksidan yang kuat yang dapat membantu mengurangi kerusakan dari radikal bebas dan menurunkan risiko beberapa penyakit.
  7. Pisang dapat meningkatkan kesehatan ginjal karena mengandug potasium yang penting untuk mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat..
  8. Pisang punya segudang manfaat untuk olahraga sehingga pisang sebagai makanan sempurna untuk para atlet karena sebagai sumber energy, kandungan mineral dan karbohidratnya yang mudah dicerna dan dapat membantu meredakan kram otot yang disebabkan oleh olahraga.
  9. Pisang bermanfaat untuk menjaga daya ingat dan meningkatkan suasana hati menambah kemampuan otak karena mengandung triptofan dan asam amino yang berperan menjaga memori dan meningkatkan suasana hati dan pikiran menjadi relax sehingga mencegah depresi.
Baca Juga :  Renovasi Rampung 90%, Operasional Masjid Istiqlal Belum Diputuskan

Masih banyak manfaat dari buah pisang sehingga Allah SWT mengabadikan dalam al-Qur’an dan menjadikan pisang sebagai buah hidangan di surga.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close