Kabar Nasional

Disebut Dalam Qur’an, Ini Kandungan dan Manfaat Kurma


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Selain sebagai kitab suci umat Islam, al-Qur’an juga mempunyai kedudukan tinggi sebagai ilmu. Banyak hal-hal yang disebutkan di dalam al-Qur’an yang kemudian diteliti para ilmuan ternyata memiliki unsur yang luar biasa.

Salah satunya adalah buah kurma. Buah khas negara Timur Tengah ini juga disinggung dalam ayat al-Qur’an. Salah satu di surat Maryam, ayat 25-26. Adapun bunyi ayatnya adalah sebagai berikut:

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.”

Lantas apa manfaat dan kandungan buah kurma ditinjau dalam dunia medis? Para pakar kesehatan menyebut bahwa kurma adalah sumber beragam vitamin dan mineral.

Buah ini mempunyai kandungan energi, gula, dan serat yang baik bagi tubuh manusia. Selain itu, kurma juga mempunyai mineral penting, antara lain kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potasium, magnesium, dan zinc.

Kandungan lain dalam buah kurma yang bermanfaat bagi tubuh manusia adalah thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A, dan vitamin K. Karena kandungan nutrinya tersebut, kurma diyakini sebagai unsur makanan paling baik bagi manusia.

Dalam ilmu sains, kurma memperoleh julukan “buah tambang”. Alasannya, kurma mengandung banyak mineral penting bagi tubuh, seperti kalium dan fosfor. Setiap 100 gram kurma kering, mengandung 666 mikrogram kalium.

Kalium ini merupakan senyawa penting untuk mencegah penyakit stroke, memperlancar aliran oksigen ke otak, dan memicu kerja otot dan simpul saraf. Sementara fosfor, merupakan senyawa yang berperan dalam mempertahankan kalsium pada tulang dan gigi, serta membantu mempertahankan pH darah agar sedikit basa.

Mineral penting lain pada kurma adalah zat besi dan magnesium. Zat besi dalam kurma sangatlah tinggi, sehingga dapat berfungsi baik untuk mencegah anemia.

Baca Juga :  Kemenag Usulkan Akomodasi Haji Sampai 100 Persen

Sementara magnesium yang terdapat dalam kurma dapat membantu fungsi saraf dan otot, termasuk pengaturan irama jantung agar tetap berjalan normal. Pada 100 gram kurma, terdapat sekitar 34 mikrogram magnesium, yang menyiratkan bahwa kandungan magnesiumnya cukup tinggi dibandingkan buah jenis lainnya.

Sementara kandunhan potasium dalam kurma bermanfaat sebagai bahan utama dalam mempromosikan sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak.

Oleh sebab itu, kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi orang-orang yang menua dan daya sistem syaraf mereka menurun, juga bagi orang-orang yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka. (MK/Hidayatuna)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close