Cancel Preloader

Disebut Dalam Alquran, Ini Manfaat Buah Zaitun

 Disebut Dalam Alquran, Ini Manfaat Buah Zaitun

Buah Zaitun

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Di dalam kitab suci Alquran, Allah SWT telah menyinggung berbagai jenis buah-buahan, salah satunya adalah buah zaitun.

Penyebutan mengenai buah zaitun ini terdapat pada surat An-Nahl ayat 11. Adapun bunyi surat tersebut adalah sebagai berikut:

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Qs. An-Nahl: 11)

Sebagaimana diketahui dalam dunia medis, buah zaitun memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat buah berbentuk bulat lonjong ini adalah untuk liver dan mampu membantu mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh.

Bahkan dalam pohon zaitun sendiri memiliki keistimewaan sendiri yaitu memiliki umur yang panjang. Umurnya dapat mencapai 600 tahun.

Zaitun si Buah yang Kaya Zat

Satu pohon zaitun mampu membuahkan 15-12 kg zaitun pertahun. Buah ini sendiri banyak tumbuh di Spanyol, Italia, Yunani, turki, tunisia, Portugis, Maroko, Suriah, Aljazair, Argentina dan Prancis.

Zaitun biasanya berbunga antara bulan Juni hingga Oktober. Minyak zaitun dapat berkualitas baik setelah 608 bulan dari masa berbunga. Saat itu, buah zaitun berwarna hitam sebagai tanda telah matang sempurna.

Adapun kandungan dan manfaat buah zaitun setelah diolah menjadi minyak banyak sekali. Di mana minyak zaitun terdari dari zat-zat minyak yang dinamakan plesiredat (ester) dengan persentase 97 persen dan zat-zat minyak lainnya. Selain itu ia juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C, D dan vitamin E. Zat aromatic dalam buah ini mampu menimbulkan aroma dan rasa yang khas. Bahkan minyak zaitun mengandung sejumlah kecil mineral, angtara lain besi, megnesium dan kalsium.

Setiap 100 gram zaitun mengandung zat-zat sebagai berikut: 90 gram protein, 61 mg kalsium, 22 mg magnesium, 17 mg fosfor, 1 mg besi, 0,22 mg tembaga, 36 mg klorin, 4,4 gram serta, 180 ug beta karotin dan 3-30 mg vitamin K.

Menurut Surtiningsih (2005) minyak zaitun selain digunakan untuk berbagai masakan juga berkhasiat untuk perawatan kecantikan. Minyak Zaitun kaya vitamin E yang merupakan anti penuaan dini.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 − ten =