Disebut Dalam Alquran, Ini Manfaat Buah Delima

 Disebut Dalam Alquran, Ini Manfaat Buah Delima

Disebut dalam Alquran Ini Manfaat Buah Delima

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Di dalam kitab suci Alquran, Allah SWT telah menyinggung berbagai jenis buah-buahan, salah satunya adalah buah delima.

Penyebutan mengenai buah delima ini terdapat pada surat Ar-Rahman ayat 68. Adapun bunyi surat tersebut adalah sebagai berikut:

“Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima.” (QS: Ar-Rahman ayat 68)

Sebagaimana diketahui buah delima merupakan jenis buah segara. Dimana dalam dunia medis, buah ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Sebuah riset menunjukkan bahwa buah delima memiliki banyak kandungan nutrisi penting. Antara lain mengandung antioksidan. Jika dibanding dengan teh hijau kandungan oksidan dalam buah ini tiga kali lipat dibanding teh hijau atau anggung merah.

Nutrisi penting lain, yang terkandung dalam buah delima adalah vitamin, seperti vitamin A, B3 (niasin), B9 (asam folat), C, dan E. Bahkan, rata-rata delima mengandung sekitar 40 persen vitamin C harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Delima juga kaya akan kandungan mineral, seperti kalsium dan zat besi. Serta kaya akan serat, yang membuat delima sangat cocok dijadikan teman diet Anda. Namun, dari semua bagian delima yang bisa dikonsumsi, biji delima adalah yang memiliki kandungan serat tertinggi.

Karena kandungan nutrisinya yang lengkap, membuat buah dilima banyak dijadikan obat di Yunani. Dengan memanfaatkan bijinya, buah berwarna orange kemerah-merahan ini biasa digunakan sebagai alat kontrasepsi.

Sementara dalam pengobatan tradisional India yang dikenal dengan nama Ayurveda, buah delima disebut sebagai zat yang memberi efek mendinginkan—khususnya pada saraf dan darah.

Selain dua manfaat penting di atas, buah delima juga mempunyai segudang manfaat lain bagi kesehatan tubuh manusia. Dimana buah ini biasa dijadikan jus untuk penghambat sel-sel kanker prostat.

Mengkonsumsi jus buah delima dalam dosis tertentu setiap hari juga dapat mencegah kanker prostat bagi pria yang pernah menderitanya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

six + sixteen =