Cancel Preloader

Dinilai Tak Hormati Islam, SM Entertainment Tuai Kecaman

 Dinilai Tak Hormati Islam, SM Entertainment Tuai Kecaman

SM Entertainment

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Perusahaan hiburan terbesar Korea Selatan (Korsel), yakni SM Entertainment mendapat kecaman publik dunia maya karena dinilai tidak menghormati umat Islam.

Kecaman itu muncul menyusul dengan dikelurkan sebuah Merchandise NCT U di bawah naungan label SM Entertainment yang terdapat sebuah benda yang menyerupai bangunan suci umat Islam, yakni Ka’bah.

Atas tindakannya itu, perusahaan hiburan yang berdiri sejak tahun 1995 itu dituntut untuk meminta maaf dari para fans mereka.

Bahkan gerakan protes terhadap merchandise NCT U ini sempat menjadi tranding di jagad dunia maya. Sebuah hastag #SMStopDisrespectingIslam melambung mengutuk tindakan pihak label.

Sejumlah penggemar NCT U menilai SM Entertainment disebut telah menabuh air panas mendulang ke muka sendiri terkait pemasaran merchandise NCT U tersebut.

Inti permasalahan dari merchandise ini adalah terkait desain masjid dalam merchandise tersebut. Dimana selain menyerupai bangunan masjid, terdapat benda kubus berhias yang sangat mirip dengan Ka’bah.

Sejumlah penggemar menganggap pihak SM Entertainment tidak memiliki penghormatan terhadap umat Islam. Pasalnya ia memasukkan unsur Ka’bah yang merupakan bangunan suci Islam sebagai merchandise.

Sebagaimana diketahui Ka’bah sendiri terletak di masjid terpenting Islam, Masjid al-Haram di Mekah. Untuk itu para fans mendesak pihak label untuk berhenti menggunakan instrumen Islam sebagai barang dagangan.

“Memasukkan arsitektur Ka’bah ke dalam konsep Anda itu bukanlah sebuah estetika,” tulis warganet dikutip Hidayatuna.com, Selasa (14/12/2020).

“Ini disebut Kabbah, kami berdoa menghadap wajah kami ke arahnya. Ini adalah rumah Allah, tuhan kami dan ini sangat tidak menghormati Islam,” tulis penggemar lainnya.

Atas insiden tersebut, para penggemar meminta SM Entertainment untuk berhenti menggunakan simbol-simbol agama umat Islam sebagai dagangan mereka.

Kasus NCT U mencatut simbol Islam untuk dagangan bukan kali pertama, sebelumnya kelompok musik K-Pop ini juga pernah mencatut simbol Islam untuk promosi mereka.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − 2 =