Cancel Preloader

Dialog Nabi Musa dengan Allah Soal Ibadah Termulia

 Dialog Nabi Musa dengan Allah Soal Ibadah Termulia

Dialog Nabi Musa dengan Allah

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Suatu ketika Nabi Musa AS dialog dengan Allah SWT. Nabi Musa bertanya soal ibadah termulia.

“Wahai Allah, aku sudah melaksanakan ibadah yang Engkau perintahkan. Manakah di antara ibadahku yang Engkau senangi, apakah salatku?

Lalu Allah menjawab, “Salatmu itu hanya untukmu sendiri karena salat membuat Engkau terpelihara dari perbuatan keji dan mungkar.”

Lalu Nabi Musa bertanya kembali, “Apakah puasaku?” Allah menjawab, “Puasamu itu hanya untukmu saja karena puasa melatih diri dan mengekang hawa nafsumu.”

“Lalu ibadah apa yang membuat Engkau senang? tanya Nabi Musa semakin penasaran.

Allah menjawab, “Memasukkan rasa bahagia ke dalam diri orang yang hancur hatinya.”

Begitulah dialog Nabi Musa AS dan Allah SWT. yang berarti bahwa semua hal bisa bernilai ibadah jika kita benar-benar meniatkannya untuk hal demikian.

Dengan dialog tersebut kita bisa mengambil hikmah bahwa ibadah termulia adalah memasukkan rasa bahagia ke dalam hati orang lain. Hal ini senada menurut Husein Ja’far al-Hadar, menjaga hubungan baik dengan orang lain justru lebih dari ibadah ibadah-ibadah ritualistik.

Jika seorang muslim mempunyai masalah dengan Allah, dengan bertobat urusannya selesai. Tapi, kalau dia mempunyai masalah dengan orang lain, tidak cukup baginya hanya meminta maaf kepada Allah. Dia juga harus meminta maaf kepada orang yang disakitinya.

Memasukkan rasa bahagia ke dalam hati orang yang hancur hatinya sebagaimana dijelaskan Allah SWT. kepada Nabi Musa sungguh perbuatan yang mulia. Sebab tidak banyak orang yang bisa dengan mudah melakukannya dibanding orang yang mengingkarinya.

Orang bisa dengan mudah menyakiti hati seseorang dan memutus tali silaturahmi begitu saja. Saat ini tugas kita sebagaimana yang dijelaskan kepada Nabi Musa AS bahwa ibadah termulia ialah memasukkan kebahagiaan di hati saudara kita. Wallahu’alam.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 + 15 =