Citra Muslim di Inggris Membaik Pasca Kedatangan Salah

 Citra Muslim di Inggris Membaik Pasca Kedatangan Salah

Mohamed Salah (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Sebuah studi baru baru ini membuktikan, bahwa citra muslim di hadapan publik Inggris berlahan-lahan mulai membaik. Hal ini menyusul setelah Mohamed Salah bergabung dengan Liverpool.

Pria berkebangsaan Mesir itu telah empat musim membela Liverpool sejak di datangkan dari AS Roma pada 2017 silam. Hijrahnya Salah ke Liverpool ini ternyata membawa dampak yang luar biasa.

Jika sebelumnya publik Inggris perbandangan kurang baik tentang seorang muslim, namun seiring kedatangan Salah, membuat citra tersebut terkikis. Sebaliknya, publik Inggris mulai aware terhadap seorang muslim.

Setelah dibeli dari AS Roma seharga 42 juta Euro atau setara Rp 706 miliar, Salah bermain gemilang di Liverpool. Ia menjelma menjadi raja gol di daratan Ratu Elizabeth.

Tak main-main, ia sampai dua kali menyabet dua gelar top skor Liga Inggris. Atas prestasinya itulah, Salah merubah pandangan publik Inggris terhadap seorang muslim.

Terlepas dari penampilan Mohamed Salah di rumput hijau, nyatanya kedatangan Salah ke Liverpool telah membawa berkah untuk citra muslim di Inggris. Hal itu disampaikan penelitian dari Universitas Stanford beberapa waktu lalu.

Dilansir dari ESPN, sejak Salah bermain buat Liverpool kejahatan rasial di wilayah Merseyside (kandangnya Liverpool) turun 19 persen. Bukan cuma itu, di wilayah tersebut komentar anti-muslim juga turun drastis 50 persen!

Mohamed Salah memang menjadi sosok yang sederhana. Ia jarang memamerkan kemewahannya seperti pemain lain pun aksinya di lapangan juga jauh dari kontroversi.

Hal sama juga disampaikan pelatih Liverpool, Juergen Klopp. “Salah dan para pemain muslim menghapus pandangan soal agama mereka yang dicap buruk oleh orang-orang lain,” ungkapnya.

“Mereka adalah orang-orang yang menyenangkan dan penuh cinta. Rasanya fantastis bekerja dengan mereka, serta kami saling mengerti dan menghormati,” jelasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − fourteen =