Ceramahnya Viral, Inilah Sosok Ustaz Arrazy Hasyim

 Ceramahnya Viral, Inilah Sosok Ustaz Arrazy Hasyim

Ustaz Razi (Foto/istimewa)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dr Arrazy Hasyim MA atau Ustaz Razi belakangan viral di media sosial lantaran kajian-kajiannya mengenai keislaman. Ustaz Razi pernah mengomentari tokoh Islam internasional, Dr. Zakir Naik dengan menyebutnya seorang pembaca yang serius, bukan ulama.

Ustaz Razi juga pernah menanggapi soal klaim celana cingkrang yang menganggap bahwa itu merupakan bagian dari sunah Nabi. Menanggapi hal itu, Ustaz Razi memberikan penjelasan bahwasanya celana cingkrang tidak ada di zaman Nabi kecuali sarung cingkrang.

Ustaz Razi merupakan seorang pakar hadis asal Sumatera Barat (Sumbar) yang lahir di Koto Tangah, Payakumbuh, Sumatra Barat. Ia lahir tanggal 21 April 1986 dari pasangan Nur Akmal bin M Nur dan Asni binti Sahar.

Menempuh Pendidikan Keislaman

Ustaz Arrazy Hasyim menempuh pendidikan SD sampai MTsN di Tanah Minangkabau tepatnya di Payakumbuh. Lalu ia pindah ke Bukittinggi untuk melanjutkan pendidikan di MAN/MAKN 2 Bukittinggi pada tahun 2002-2004.

Ustaz Razi kemudian melanjutkan studi perguruan tingginya pada jurusan Akidah dan Filsafat di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2004-2009.

Di sela-sela itu, dari  tahun 2006-2008, ia aktif belajar kepada Syaikh Prof Dr M Hasan Hitoo; seorang penghafal kitab al-Muwatta’, Dr Badi Sayyid al-Lahham; seorang murid Syaikh Nuruddin Itr, dan Taufiq al-Buti; anak dari Syaikh Muhammad Said Ramadan al-Buthi. Mereka semua berasal dari Suria.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan S2 nya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2009. Setelah itu, pada tahun 2017 Ustaz Razi menyelesaikan gelar Doktoral S3 nya di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.

Karir dan Aktivitas Dakwah

Pada tahun 2016-2017, Ustaz Razi mendapat kesempatan untuk mengisi aktivitas dakwah di beberapa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di luar negeri. Beberapa diantaranya adalah KBRI Paris dan KJRI Marseille.

Ia juga mengisi dakwah di tengah komunitas muslim di Perancis. Selain itu, Ustaz Razi juga bertugas sebagai dosen aktif Pascasarjana Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Ia juga dosen ilmu Kalam dan Filsafat Islam di Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2012 sampai dengan 2019. Selain itu, Ustaz Razi juga aktif sebagai pengajar/pengampu kitab Aqidah Ahlus Sunnah dan hadits Sunan An-Nasa’i dan Ibnu Majah di Darussunnah.

Pada akhir 2018, ia mendirikan Ribath al-Nouraniyah di Tangerang Selatan, takhassus Ilmu Akidah Ahlus Sunnah dan Tasawuf.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

11 + fourteen =