Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggal

 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggal

Cara Berbagi pada Orangtua yang Sudah Meninggal

HIDAYATUNA.COM – Orangtua menjadi guru pertama yang mengajarkan kepada kita tentang bagaimana menjalani hidup. Mulai dari hal yang paling sederhana sekalipun seperti caranya berjalan.

Orangtua-lah yang dengan penuh kesabaran memberikan kasih sayangnya tanpa perhitungan kepada kita. Mereka juga tidak menagih balas budi atas kasih sayang dan pengorbanan yang selama ini telah dicurahkan.

Melalui hal tersebut, sudah menjadi kewajiban kita untuk berbakti kepada orangtua. Jika kita memperlakukan orangtua dengan cara yang tidak baik, maka dosa akan kita tanggung.

Sebagaimana Allah SWT berfirman di dalam Al-Quran surat Al-Isra’ ayat 23 yang artinya:

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu,maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Kkita diperintahkan untuk selalu berbuat baik kepada kedua orangtua. Jangan sampai sekali-kali kita membentak orangtua  atau mengatakan perkataan yang tidak baik kepada mereka.

Hal tersebut tidak hanya menampakkan sikap buruk kita, tetapi juga dapat melukai hati dari orangtua kita.

Lalu, bagaimana jika orangtua kita sudah meninggal? Bagaimana caranya berbakti dengan orangtua yang sudah tiada?

Berbakti Pada Orangtua Hukumnya Wajib Sampai Kapan pun

Berbakti kepada orang tua hukumnya adalah wajib. Baik saat orang tua masih hidup, maupun saat sudah meninggal dunia. Dengan syarat, selama orang tua tidak memerintahkan anak-anaknya untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang menyalahi aturan Allah SWT.

Bukan berarti ketika orangtua sudah meninggal, lalu kita bisa lepas tangan begitu saja untuk tidak berbakti lagi pada orangtua.

Di dalam hadis riwayat Ibnu Majah, diketahui bahwa ada seorang anak laki-laki yang bertanya pada Rasulullah saw:

Ya Rasulullah, apa hak yang semestinya diterima oleh kedua orang tua dan harus dipikul oleh anaknya? Rasul menjawab, ‘Mereka adalah surga dan nerakamu.’”

Hadis ini cukup menjelaskan bahwa orangtua kita adalah penentu dari masuknya kita ke dalam surga atau neraka kelak. Jika kita berbakti kepada orangtua, maka surga tempatnya. Jika kita durhaka pada orangtua, maka neraka-lah tempatnya.

Cara Berbakti Pada Orangtua yang Sudah Meninggal

Bagi yang orangtuanya sudah tiada, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa cinta dan bakti kita kepada mereka.

  1. Mendoakan dan Memohon Ampun

Hal ini berdasarkan dari seorang Bani Salamah yang bertanya pada Rasulullah:

Ya Rasulullah, apakah sesudah ibu bapakku meninggal dunia masih ada sisa bakti yang dapat aku persembahkan kepada keduanya?

Rasul pun mengangguk dan menjawab:

Ya dengan jalan mengirimkan doa untuk keduanya, memohonkan ampun, menepati janji dan nazhar yang pernah diikrarkan ibu bapakmu, memelihara hubungan silaturahim dan memuliakan sahabat keduanya.

  1. Contohlah Kebaikan dari Orangtua

Selama orang tua hidup dan kita tinggal bersamanya, tentu kita mengenal dengan baik bagaimana orang tua kita. Kita tahu hal-hal baik yang selama hidup dilakukan dan diajarkan kepada kita.

Contohlah dan aplikasikanlah hal-hal baik tersebut agar mereka terus mendapatkan pahala jariyah yang mengalir.

  1. Wujudkanlah Harapan Orangtua

Sebagai bentuk bakti kita, cobalah untuk mengingat kembali apa yang selama ini diharapkan orangtua kepada kita. Misalnya saja lulus menjadi sarjana, atau menjadi orang yang selalu peduli dengan orang sekitar yang membutuhkan.

Berusahalah untuk mewujudkan harapan tersebut. Ini tidak hanya baik untuk diri kita sendiri, tetapi juga mendatangkan pahala untuk orangtua.

  1. Menepati Janji yang Pernah Diucapkan Orangtua

Jika sebelum orang tua meninggal pernah berjanji, namun belum sempat untuk ditepati, maka kita bisa memenuhi janji tersebut. Dengan begitu, orangtua bisa lebih tenang di alam sana.

Dengan begitu, setelah orangtua meninggal dunia, hal ini tidaklah memutus tanggung jawab kita untuk berbakti kepada mereka. Tetaplah mencintai dan berbakti pada orang tua yang sudah meninggal dengan cara-cara yang dianjurkan Islam tersebut.

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 − nine =