Buntut Hina Nabi, Indonesia Panggil Dubes India

 Buntut Hina Nabi, Indonesia Panggil Dubes India

Buntut Hina Nabi, Indonesia Panggil Dubes India (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pemerintah Indonesia memanggil Dubes India atas pernyataan dua pejabat partai penguasa di India yang telah hina Nabi Muhammad. Di mana pernyataan tersebut memicu pergolakan luas, khususnya di kalangan umat muslim dunia.

Dilansir dari Arab News, Rabu (08/06). Pernyataan Juru Bicara Partai Bharatiya Janata Party (BJP) Pimpinan Perdana Menteri India Narendra Modi resmi ditangguhkan usai memicu kehebohan.

Hal sama juga dilakukan pejabat lain, yakni kepala media partai untuk Delhi. Dalam unggahannya, ia memposting sebuah tweet yang hina Nabi Muhammad. Postingan tersebut kemudian dihapus.

Atas peristiwa itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah memanggil Duta Besar India Manoj Kumar Bharti, Senin (6/6).

Pemanggilan tersebut merupakan bentuk reaksi protes sekaligus penolakan pemerintah Indonesia atas narasi anti-muslim yang dilakukan India.

Dalam pernyataan yang diposting di Twitter, Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan bahwa Indonesia mengutuk keras penghinaan terhadap Nabi Muhammad. Indonesia sendiri merupakan negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia

Meski tweet itu tidak menyebutkan nama para pejabat India, tetapi pernyataan tersebut ditujukan kepada juru bicara BJP. Nupur Sharma dan kepala media partai Delhi Naveen Jindal.

Selain Indonesia, hal sama juga dilakukan pemerintah Malaysia. Mereka juga memanggil Dubes India untuk dimintai kejelasannya atas dugaan hina Nabi Muhammad.

Untuk itu, Malaysia menyerukan kepada India untuk bekerja sama dalam mengakhiri Islamofobia. Berharap menghentikan tindakan provokatif apa pun demi kepentingan perdamaian dan stabilitas.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *