Bukan Hanya Agama, Islam Juga Peradaban Ilmu

 Bukan Hanya Agama, Islam Juga Peradaban Ilmu

Islam Tak Hanya Agama, Tapi Juga Sebagai Peradaban Ilmu

Digiqole ad


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Cendikiawan sekaligus Intelektual Islam Indonesia, Ulil Abshar Abdalla berpandangan bahwa dalam sejarahnya Islam hadir tidak hanya sebagai agama saja, melainkan juga sebagai tonggak peradaban ilmu.

“Islam hadir dalam sejarah bukan saja sebagai agama, tetapi juga sebagai peradaban ilmu. Dan peradaban inilah yang mesti kita bangkitkan lagi sekarang: hadarat al-‘ilm,” ungkap Ulil Abshar Abdalla dikutip dari sebuah catatan yang ia unggah di akun Facebooknya dilansir Hidayatuna.com, Selasa (23/6/2020).

Karena Islam adalah sebagai peradaban ilmu, maka sudah sepatutnya umat muslim bangga dan tak lagi merasa inferior di hadapan kehebatan ilmuan Barat. Dalam sejarahnya, pemikiran-pemikiran intelektual muslim sejak zaman klasik hingga modern tak kalah bersaing dengan para intelektual Barat.

“Hanya satu saja yang kita butuhkan: kurangi rasa inferioritas di hadapan kehebatan intelektual Barat. Pemikir Muslim harus membangun kepercayaan diri kembali bahwa peradaban ilmu yang diwariskan raksasa-raksasa seperti al-Ghazali itu bisa diteruskan dan dikembangkan lagi,” jelasnya.

“Dan inilah, saya kira, jawaban Islam untuk kemelut kultural yang terjadi di era “post-truth” sekarang,” sambungnya.

Ulil menyebutkan bahwa para sarjana klasik Islam seperi al-Ghazali, Ibn Rusyd, Fakhruddin al-Razi, al-Taftazani, Ibn Arabi, al-Thusi, Suhrawardi, Mulla Sadra, dan lain lain mereka merupakan pemikir-pemikir besar yang secara level, pemikirannya tidak kalah dengan para filsuf Barat.

“Di mata saya (al-Ghazali, Ibn Rusyd, Fakhruddin al-Razi, al-Taftazani, Ibn Arabi dll) adalah “the giants of intellect,” raksasa-raksasa pemikiran yang levelnya tak kalah dari para filsuf Eropa modern: Bertrand Russell, Alfred N. Whitehead, Louis Althusser, Jacques Derrida, Michel Foucault, Theodor W. Adorno, Jürgen Habermas, dan lain lain,” jelasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × three =