Bukan Arab, Ternyata Ini Negara Perpenduduk 100 Persen Muslim

 Bukan Arab, Ternyata Ini Negara Perpenduduk 100 Persen Muslim

Negara berpenduduk 100 Muslim (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Bagi orang Indonesia, mungkin ada yang beranggapan bahwa negara yang berpenduduk 100 persen beragama Islam adalah Arab atau Mesir. Namun faktanya tidak.

Lantas negara mana yang status penduduknya seorang muslim? Tempo dengan melansir dari worldpopulationreview.org mengungkap bahwa negara dengan penduduk 100 persen muslim adalah Maldives.

“Maldives merupakan negara dengan persentase penduduk muslim terbesar di dunia, yakni 100 persen. Dengan kata lain, seluruh penduduk Maldives beragama Islam,” tulis laporan tersebut dikutip Rabu (13/10/2021).

Mengapa Maldives bisa menjadi negara dengan penduduk 100 persen beragama Islam? Hal itu dikarenakan regulasi dan undang-undang di negara tersebut yang melarang seseorang beragama non-Islam untuk menjadi warga negaranya.

Meski demikian, faktanya tidak sepenuhnya begitu? Dikutip dari cbsnews.com, beberapa orang yang tinggal di Maldives memeluk agama selain Islam. Namun, secara legal formal, mereka tidak dianggap sebagai penduduk Maldives.

Komposisi penduduk Maldives yang merupakan 100 persen muslim membuat negara tersebut menerapkan hukum-hukum syariat Islam. Dilansir dari kemlu.go.id, peradilan di Maldives menerapkan prinsip-prinsip dan sendi hukum Islam.

“Akibatnya, hakim berkewajiban untuk memutus perkara berdasarkan hukum syariat apabila perkara yang diurus tidak diatur oleh konstitusi dan Undang-Undang,” tulis laporan Tempo tersebut.

Selain itu, konstitusi Maldives juga merupakan kombinasi antara sistem pemerintahan modern dan hukum Islam. Dilansir dari kemlu.go.id, konstitusi Maldives 2008 memperbolehkan warga negara Maldives untuk berpendapat secara bebas.

Sebagai informasi, dilansir dari Wikipedia, Maldives atau dikenal dengan Republik Maladewa merupakan sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia.

Maldives terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota. Ia masuk dalam benua Asia.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty + 19 =