Cancel Preloader

Budayawan Santri Prie GS Wafat Jumat Pagi, Gus Mus Berduka

 Budayawan Santri Prie GS Wafat Jumat Pagi, Gus Mus Berduka

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang  KH Mustofa Bisri yang akrab dipanggil Gus Mus menyampaikan kabar duka. Beliau mengaku terkejut dengan kabar meninggalnya Supriyanto GS atau lebih dikenal dengan nama Prie GS seorang budayawan santri.

Di mata Gus Mus, Prie GS sosok yang selalu ingin membahagiakan orang lain.

Innã liLlãhi wainnã ilaiHi rãji’űn. Saudaraku tercinta yang baik dan selalu ingin membahagiakan orang lain, Prie GS, hari ini dipanggil kehadirat-Nya. Kita betul-betul terkejut dan merasa sangat kehilangan,” kata Gus Mus di akun Instagramnya, Jumat (12/2/2021).

Gus Mus berharap keluarga yang ditinggalkannya diberi kekuatan lahir batin. “Semoga Allah merahmati dan membahagiakannya. Allahummaghfir lahu warhamhu wa’ãfihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzűlahu waj’alil jannata matswãh…Al-Fãtihah. Semoga keluarga diberi kekuatan lahir-batin. ‘AzhzhamaLlãhu ajrahum wa ahsana azã-ahum,” harapnya.

Prie GS lahir dan besar di kecamatan Kaliwungu, Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Rumah dan kehidupan di sekelilingnya merupakan lingkungan industri kartun sejak dekade 1970-an. Prie merupakan salah seorang yang menceburkan diri dalam dunia kreativitas menggambar itu.

Seperti kawan-kawan lainnya, dia pun mengirimkan karya-karya kartun ke berbagai media massa. Namun di kemudian hari, dia juga berguru secara khusus kepada kartunis kawakan dari harian umum Kompas, G.M. Sudarta.

Selepas SMA, Prie GS melanjutkan pendidikan di jurusan seni musik, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Semarang. Di sana-lah kemampuannya semakin terasah dan mengawali kariernya sebagai wartawan di harian umum Suara Merdeka.

Sebagai wartawan yang dikaruniai talenta seni, Prie lebih banyak memegang rubrik-rubrik bermuatan kesenian, sembari secara rutin dia menggambar kartun setiap hari Minggu di surat kabar itu. Beberapa tahun kemudian, Suara Merdeka Group mempercayakan padanya untuk memimpin majalah wanita Cempaka

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × five =