Bolehkah Berhubungan dengan Suami, Selesai Haid Sebelum Mandi Junub?

 Bolehkah Berhubungan dengan Suami, Selesai Haid Sebelum Mandi Junub?

Ipar perempuan adalah maut (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Seorang istri berhubungan intim (bersenggama) dengan suami adalah hak dan kewajiban satu sama lain. Apalagi jika suami istri tersebut mendambakan keturunan, sangat dianjurkan untuk sering melakukan jimak bersama istri.

Sebagaimana kita tahu, berhubungan intim suami dengan istri ada batas-batasnya. Di mana ketika istri tengah haid atau mestruasi maka dilarang berhubungan badan karena akan membahayakan bagi kesehatan.

Suami harus menunggu istri selesai masa haid untuk kembali berhubungan intim. Biasanya masa haid berlangsung selama 3 hingga 7 hari, namun bolehkan berhubungan intim dengan suami sebelum mandi junub, setelah selesai haid?

Sementara dalam syariat, seorang istri boleh kembali berhubungan intim dengan suami setelah bersuci. Bagaimanakah hukum berhubungan dengan suami setelah selesai haid namun belum sempat mandi junub?

Anggota Lembaga Fatwa Mesir Dar Ifta, Syekh Mahmud Syalabi menjelaskan, para ulama sepakat bahwa seorang istri yang baru selesai haid tetap perlu mandi besar untuk melakukan hubungan intim. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 222: 

وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ 

Artinya: “…….dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.” (QS Al Baqarah ayat 222) 

Syalabi menambahkan, beberapa ahli hukum meyakini bahwa dalam kasus semacam ini, jika menstruasi berhenti lebih awal dari waktunya, maka perlu mandi. Jika menstruasi berhenti setelah mencapai waktunya, maka tidak perlu mandi terlebih dahulu untuk melakukan senggama. 

Kendati demikian, dia juga menjelaskan bahwa dalam hal ini kita harus memperhatikan pendapat mayoritas. Bahwa mandi harus dilakukan begitu selesai menstruasi dan sebelum berhubungan intim.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − 3 =