Bersama Warga, Santri Ponpes Lailatul Qodar Shalat Istisqa Minta Hujan

 Bersama Warga, Santri Ponpes Lailatul Qodar Shalat Istisqa Minta Hujan
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Sukoharjo – Ratusan santri bersama warga menggelar shalat Istisqa di halaman Pondok Pesantren, atau Ponpes Lailatul Qodar, Kenep, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat siang (27/9/2019).

Para santri dan warga mengharapkan agar hujan bisa segera turun. Mereka prihatin dengan kondisi kemarau berkepanjangan. Pasalnya banyak warga mengelur kekurangan air, cuaca panas, dan adanya kebakaran hutan di sejumlah daerah di Indonesia.

Kepala Pondok Pesantren Lailatul Qadar, Daryanto menyampaikan bahwa, shalat Istisqa digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Ia mengaku setiap tahun, kegiatan meminta hujan rutin dilakukan.

“Shalat Istisqa sengaja kami laksanakan dengan melibatkan santri dan warga sebagai bentuk keprihatinan atas kemarau panjang, selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk edukasi kepada para santri dengan shalat Istisqa diharapkan hujan segera turun,” kata Kepala Ponpes Lailatul Qodar itu.

Ia juga menekankan perlunya para santri untuk terus mengamalkan perbuatan baik. Selain itu, masyarakat diminta untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan agar bangsa Indonesia semakin maju.

Sementara itu, Lurah Kenep, Kecamatan Sukoharjo Kota, Mudiarso mengaku menyambut baik kegiatan shalat Istisqa yang digelar di Pondok Pesantren Lailatul Qodar.

“Shalat Istisqa tidak hanya melaksanakan ibadah saja namun juga memberikan edukasi pada para santri dan masyarakat,” jelasnya.

“Kekeringan akibat kemarau panjang harus dimaknai kalau kita sebagai manusia sejatinya bergantung penuh pada Allah. Termasuk meminta hujan dengan melaksanakan salat meminta hujan,” terangnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eight + seven =