Berjuang Selama 60 Tahun, Kakek Ini Akhirnya Berangkat Naik Haji

 Berjuang Selama 60 Tahun, Kakek Ini Akhirnya Berangkat Naik Haji
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Raut bahagia terpancar dari wajah sepasang suami istri ini. Kakek berusia 92 tahun dan istrinya itu akhirnya bisa berangkat naik haji setelah berjuang menabung kurang lebih 60 tahun lamanya.

Selain dinobatkan sebagai jemaah haji tertua asal Kota Malang dengan usia 92 tahun. Ia juga ditemani berangkat dengan sang istri, Satuni, yang kini menginjak usia 70 tahun. 

“Bisa berangkat tentu saja saya senang. Saya juga bersyukur bisa memenuhi panggilan untuk ibadah haji ini,” kata Haki.

Ia mengatakan, ini merupakan kali pertama dirinya berangkat ke tanah suci. Haki mengaku bersyukur mendapat kesempatan untuk menjalankan ibadah haji tersebut. 

“Saya haji ini baru pertama kali. Sebelumnya tidak pernah, umrahpun juga belum pernah,” ucapnya.

Tak hanya itu, Haki juga bercerita, perjuangan dirinya untuk naik haji tersebut dimulai dengan cara menabung selama puluhan tahun. 

“Sebenarnya sudah mulai muda ingin berhaji. Tapi baru kesampaian sekarang karena menunggu uangnya terkumpul dahulu. Saya menabung mungkin sekitar usia 30-an,” beber pria yang juga pedagang pakaian di daerah Nongkojajar (Pasuruan), Wlingi (Blitar), dan juga Kesamben (Blitar). 

Setelah 60 tahun lebih berjuang menabung hingga usia kakek ini menginjak 92 tahun, akhirnya Haki dan sang istri bisa naik haji. “Sebab dulu keperluannya banyak, jadi kadang harus dikeluarkan untuk hal yang lain,” bebernya, dilansir Kumparan.

Tak hanya itu, dirinya juga bercerita bahwa ia tidak menggunakan jasa bank untuk menyimpan uangnya. Kakek yang memiliki 12 orang anak ini lebih memilih menabung secara konvensional. “Tidak pernah di bank, jadi ya saya sisihkan di rumah saja,” terang pria yang sudah memiliki 24 cucu dan dua cicit tersebut. 

(Sumber; Rakyatku.Com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − one =