Bergaullah Seperti Cara Rasulullah dengan Para Sahabat

 Bergaullah Seperti Cara Rasulullah dengan Para Sahabat

Keistimewaan Rasulullah (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Bergaullah sebagaimana Rasulullah Saw bergaul dengan para sahabatnya. Rasulullah menjadi teladan umat tentang caranya bergaul.

Rasulullah mampu bergaul dengan para sahabat yang memiliki karakter khas berbeda antara satu dengan lainnya. Rasulullah mampu menghadirkan keamanan, kenyamanan, dan kebahagiaan pada orang-orang yang berada disekelilingnya.

Rasulullah sangat mengetahui tiap-tiap karakter dari pada sahabatnya. Sehingga dalam bergaul, Rasulullah pun mengambil pendekatan yang berbeda dalam menyikapi karakter khas masing-masing sahabat.

Dengan begitu setiap para sahabat pun merasa sangat diistimewakan dan diperhatikan Rasulullah.  Rasulullah merupakan manusia yang paling pandai dan luwes dalam bergaul dengan semua orang, termasuk para sahabat.

Hingga semua sahabat merasa bahwa dia yang paling diperhatikan Rasulullah. Itulah yang luar biasa dan tidak dimiliki semua orang.

Sifat seperti itulah yang seharusnya dimiliki pemimpin, tidak membeda-bedakan rakyat atau orang-orang yang dihadapinya. Bahkan dengan adab dan akhlak dalam bergaul, Rasulullah dapat mengarahkan para sahabat dengan karakternya masing-masing menjadi sebuah keunggulan.

Rasulullah menggunakan adab dan akhlak ketika bergaul dengan Umar bin Khattab. Beliau mampu mengarahkan karakter sahabat Umar bin Khaththab yang keras dan tegas pada jalan yang benar. Sehingga Umar pun menjadi sahabat yang sangat disegani.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − 2 =