Bendera Pasir, Cara Unik Warga Palestina Menghormati Kemerdekaan RI

 Bendera Pasir, Cara Unik Warga Palestina Menghormati Kemerdekaan RI
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Suasana ulang tahun hari Kemerdekaan Republik Indonesia sangat meriah. Perayaan HUT RI-74 itu juga masih berlangsung di beberapa daerah di seluruh Indonesia. Menariknya, perayaan kemerdekaan tak hanya berlangsung di Indonesia saja. Akan tetapi pada tanggal 17 Agustus 2019 kemarin beredar sebuah video mengharukan dari masyarakat Palestina yang ikut merayakan Kemerdekaan RI dengan membuat karya seni di pinggir pantai lengkap dengan arak-arakan unta.

Video Berdurasi 2 Menit itu menggambarkan masyarakat Palestina yang didominasi pemuda berkumpul di pinggir pantai dan membuat karya seni pasir. 

Video berjudul “Hadiah dari Palestina Untuk Indonesia Bertepatan HUT RI KE-74” tersebut diawali dengan seorang pemuda Palestina yang melukis bendera merah putih di pinggir pantai Gaza. Bendera merah putih itu lalu disandingkan dengan gambar bendera Palestina dan tulisan ‘Hiduplah Indonesia Raya, Merdeka Palestina’. 

Dalam merayakan HUT kemerdekaan RI tersebut, selain persembahan lukisan di atas pasir, para pemuda Palestina itu juga menghadirkan parade unta membawa bendera Indonesia yang mengelilingi tulisan HUT RI KE-74. Tak hanya itu, ada juga atraksi speed boat yang mengitari pesisir pantai Gaza dengan mengibarkan bendera Indonesia.

Video haru ini ternyata dibuat dan dikoordinir oleh Abdillah Onim, pemuda asal Galela Maluku Utara. Pada keterangan video di channel Youtubenya, pemuda yang mengaku akrab disapa Onim ini merupakan aktivis kemanusiaan dari Indonesia yang menetap di Jalur Gaza.

Bersama si pemuda Palestina pelukis pasir, Onim membuat video tersebut terlihat cukup persiapan, karena beberapa orang yang terlibat di video itu menggunakan kaos bertuliskan Indonesia, dan menggunakan drone. Diketahui, pelukis bernama Yazid abu Jarad seorang sarjana yang kini menjadi pengangguran akibat tidak tersedianya lapangan pekerjaan di Gaza.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × two =