Begini Merayakan Bertambahnya Usia dalam Islam

 Begini Merayakan Bertambahnya Usia dalam Islam

Merayakan Bertambahnya Umur

HIDAYATUNA.COM – Ulang tahun menjadi momen di mana kita menambah usia satu kali lagi dalam menjalani hidup di dunia. Hari yang tiba hanya setahun sekali tidaklah dilewatkan begitu saja oleh sebagian besar orang karena hari ini begitu istimewa.

Sebagai tradisi yang selama ini kita ketahui, secara umum saat ulang tahun orang-orang akan merayakannya. Baik dengan menggunakan kue ulang tahun yang cantik beserta lilinnya atau ada juga yang menggunakan tumpeng. Untuk kemudian kue ulang tahun maupun tumpeng tersebut dimakan secara bersama-sama hingga perayaan meriah lainnya.

Terlepas dari bagaimana setiap orang merayakan ulang tahunnya, di samping itu juga harus kita renungkan kembali akan hari spesial tersebut. Jika kita pikirkan kembali, maka dengan bertambahnya usia di dunia, berarti usia kita juga telah mengalami pengurangan karena kita akan semakin bertambah tua.

Sebagaimana firman Allah SWT di dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 78 yang artinya:

Semakin bertambah usia semakin ditarik nikmat kekuatan tulang dan sendi kita karena Allah SWT sedang mengingatkan bahwa tak lama lagi nyawa akan diambil.

Lalu, seiring dengan bertambahnya usia ini, apa yang seharusnya dilakukan agar hidup semakin bermakna?

Mempergunakan Usia untuk Beribadah dan Beramal

Kehidupan yang kita miliki saat ini adalah pemberian Allah SWT yang sekaligus menunjukkan akan kebesaran-Nya. Setiap manusia tidak ada yang tahu kapan dirinya akan dijemput oleh ajal. Semuanya ada pada kehendak Allah SWT yang berhak memutuskan.

Oleh karena itu, atas kekuasaan Allah SWT inilah yang seharusnya membuat kita benar-benar tunduk kepada-Nya. Yakni dengan menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi setiap larangan-Nya.

Sebagaimana hadist riwayat At-Tirmidzi, Nabi saw bersabda:

Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui.”

Bahkan di dalam Al-Quran sendiri yang sebagai pedoman hidup umat Islam telah memberikan ajaran secara jelas. Bahwa usia yang diberikan Allah SWT ini adalah untuk melakukan ibadah kepada-Nya dan juga melakukan amalam-amalan yang baik.

Cara yang Dilakukan Saat Bertambahnya Usia

Saat usia kita bertambah, sebenarnya ada banyak sekali cara positif yang bisa kita lakukan. Di mana cara-cara tersebut akan membuat usia kita semakin bermanfaat dan bermakna. Sebagaimana dikutip melalui Umma, cara yang  dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Jadikan sebagai Introspeksi Diri

Pada momen bertambahnya usia, akan lebih baik jika hal ini menjadi waktu bagi kita untuk mengintrospeksi diri. Kita bisa mengingat kesalahan dan dosa di masa lalu. Kemudian ingat kembali apa yang sudah kita lakukan selama ini. Apakah sudah banyak memberikan manfaat pada orang lain atau justru sebaliknya.

Dengan introspeksi diri, maka kita akan berupaya untuk mengubah hidup agar lebih baik lagi. Caranya dengan memperbaiki kesalahan, tidak mengulanginya kembali, dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  1. Mengingat Kematian

Mau tidak mau manusia pasti akan kembali kepada Allah SWT. Meski tidak tahu kapan hal tersebut akan terjadi. Tetapi sudah sepatutnya kita merasa khawatir dan mempersiapkan bekal sebanyak-banyaknya.

Bekal tersebut adalah berupa ibadah secara maksimal dan perbuatan-perbuatan baik lainnya yang menjadi perintah Allah SWT.

  1. Bersedekah

Di saat berulang tahun, akan lebih baik jika memanfaatkan harta kita untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Sikap ini lebih baik daripada menggunakan harta untuk berfoya-foya.

Kita bisa bersedekah kepada yatim piatu, para duafa, dan fakir miskin. Dengan begitu, hal inilah yang bisa mendatangkan pahala kepada kita di hari yang spesial.

  1. Banyak Bersyukur Kepada Allah SWT

Menambah usia berarti juga harus meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Allah SWT masih memberikan kita kesempatan untuk bisa merasakan kehidupan dan sekaligus menjadi kesempatan untuk memperbaiki dan memperbanyak ibadah.

  1. Membuat Pencapaian

Kita bisa membuat pencapaian di saat bertambahnya usia. Pastikan bahwa pencapaian itu adalah pencapaian yang positif dan akan membawa kita kepada kehidupan yang lebih baik dan membawa manfaat untuk orang lain.

Bertambahnya usia bukan sekedar membuat kita merasa senang karena sudah semakin dewasa. Tetapi lebih daripada itu, di mana kita harus berupaya untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi, mensyukuri setiap perjalanan hidup yang selama ini sudah dijalani dengan beragam lika-likunya.

Serta yang tidak kalah penting adalah semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu, hidup kita pun akan semakin bermakna dan memperoleh berkah dari Allah SWT.

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 2 =