Batalnya Wudhu Saat Menyentuh Kemaluan, Ini Penjelasan Fikih
HIDAYATUNA.COM – Penjelasan di antara hal yang membatalkan wudhu di dalam kitab-kitab fikih salah satunya adalah menyentuh kemaluan. Baik kemaluan diri sendiri atau orang lain, kemaluan anak kecil maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan, hidup maupun sudah mati, dengan telapak tangan.
Dengan begitu, ketika seseorang menyentuh kemaluan diri sendiri atau orang lain dengan telapak tangannya, maka wudhunya batal. Menurut ulama Syafiiyah, batalnya wudhu sebab menyentuh kemaluan ini berlaku baik disengaja atau karena lupa. Baik menyentuh kemaluan bagian depan maupun kemaluan bagian belakang.
Sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Fatawa Al-Nawawiyah berikut;
مسألة : من مس ذكره ناسيا هل تبطل صلاته و طهارته ؟
اجاب رضي الله عنه: نعم تبطل صلاته وطهارته
Pertanyaan: Jika seseorang menyentuh zakarnya dalam keadaan lupa, apakah salat dan wudhunya menjadi batal?
Maka Imam Al-Nawawi – semoga Allah meridhainya – menjawab: Iya, salat dan wudhu menjadi batal.
Batalnya wudhu ketika menyentuh kemaluan dalam keadaan lupa ini tidak hanya berlaku saat menyentuh kemaluan diri sendiri, tapi juga berlaku saat menyentuh kemaluan orang lain.
Oleh sebab itu, jika seseorang lupa menyentuh kemaluan anaknya yang masih kecil wudhunya pun dihukumi batal. Sama seperti menyentuh dalam keadaan disengaja.
Ini sebagaimana telah disebutkan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;
الناقض الرابع: مس فرج الآدمي، فينتقض الوضوء إذا مس ببطن كفه فرج آدمي، من نفسه، أو غيره، ذكر أو أنثى، صغير أو كبير، حي أو ميت، قبلاً كان الممسوس، أو دبراً
Perkara yang membatalkan wudhu yang keempat adalah menyentuh kemaluan anak adam (manusia). Karena itu, wudhu menjadi batal ketika seseorang menyentuh kemaluan anak adam dengan telapak tangannya, baik kemaluan diri sendiri, orang lain, laki-laki, perempuan, anak kecil, dewasa, hidup atau mati, baik yang disentuh adalah kemaluan depan (kubul) atau kemaluan belakang (dubur).
Itulah