Bangunan Pesantren Hangus Terbakar, Seperti Ini Nasib Para Santrinya

 Bangunan Pesantren Hangus Terbakar, Seperti Ini Nasib Para Santrinya

Bangunan Pesantren Hangus Terbakar, Seperti Ini Nasib Para Santrinya

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Cianjur – Kebakaran besar melanda Komplek Pondok Pesantren Nurul Huda yang terletak di Desa Bojongkasih Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur, pada Rabu (24/6/2020) sore.

Kebakaran mengakibatkan dua unit bangunan komplek pesantren tersebut ludes dilalap api. Awal mula kebakaran diketahui pada pukul 17.30 WIB, saat seorang santri melihatr kepulan asap di gedung asrama.

Saat dicek ternyata api telah membesar dan kondisi asrama telah hangus, api pun menjalar ke bagian gedung lainnya.

Kapolsek Kadupandak AKP Deden, mengatakan pihaknya penyebab pasti kebakaran masih didalami, dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik.

“Dugaan sementara korsleting listrik dan tungku api yang masih menyala hingga menjalar ke bangunan Ponpes,” kata dia.

Menurut Camat Kadupandak, Fatah Rizal dalam kebakaran tersebut api sangat cepat menjalar dan menghanguskan setidaknya dua bangunan karena kondisi bangunan yang juga sudah tua.

“Bangunan pesantren permanen tapi sudah tua, sehingga api cepat menjalar dan menghanguskan dua bangunan di Ponpes tersebut,” ujar Rizal dalam keterangannta, Rabu (24/6/20) malam.

Kini para santri harus diungsikan di rumah warga sekitar mengingat bangunan asrama yang selama ini menjadi tempat beristirahat bagi mereka telah hangus bersama barang-barang berharga milik mereka. Pihak pemerintah setempat juga telah mengkomunikasikan hal tersebut dengan masyarakat.

“Tadi sudah komunikasi dengan warga, mereka mau menampung santri yang terpaksa mengungsi,” ucapnya.

Sementara itu kegiatan belajar para santri dialihkan ke madrasah terdekat. (AS/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 3 =