Baik Dibaca Setiap Malam, Inilah 4 Keutamaan Surah Al-Mulk

 Baik Dibaca Setiap Malam, Inilah 4 Keutamaan Surah Al-Mulk

Ilustrasi/Hidayatuna

HIDAYATUNA.COM – Surah-surah dalam Alquran memiliki keutamaan bila dibaca setiap hari. Salah satunya ialah surah Al-Mulk yang di dalamnya terkandung kekuasaan Allah dalam penciptaan dunia.

Sebagaimana dalam sebuah hadis sebagai berikut.

حَدَّثَنَا هُرَيْمُ بْنُ مِسْعَرٍ – تِرْمِذِىٌّ – حَدَّثَنَا الْفُضَيْلُ بْنُ عِيَاضٍ عَنْ لَيْثٍ عَنْ أَبِى الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ لاَ يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ (الم تَنْزِيلُ) وَ (تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ ). قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ رَوَاهُ غَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ لَيْثِ بْنِ أَبِى سُلَيْمٍ مِثْلَ هَذَا. وَرَوَاهُ مُغِيرَةُ بْنُ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِى الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- نَحْوَ هَذَا. وَرَوَى زُهَيْرٌ قَالَ قُلْتُ لأَبِى الزُّبَيْرِ سَمِعْتَ مِنْ جَابِرٍ فَذَكَرَ هَذَا الْحَدِيثَ. فَقَالَ أَبُو الزُّبَيْرِ إِنَّمَا أَخْبَرَنِيهِ صَفْوَانُ أَوِ ابْنُ صَفْوَانَ وَكَأَنَّ زُهَيْرًا أَنْكَرَ أَنْ يَكُونَ هَذَا الْحَدِيثُ عَنْ أَبِى الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ.

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis’ar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir. Bahwa, “Tidaklah Nabi Saw tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (surat Al Mulk).” (HR. At-Tirmidzi)

Berdasarkan hadis di atas, surah Al-Mulk dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur setiap hari, khususnya malam hari. Banyak keutamaan yang didapat dari kebiasaan membaca surah Al-Mulk atau surah Tabarok.

1. Diampuni Dosanya

Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah Saw bersabda: “Ada surah Alquran, ia hanya terdiri dari 30 ayat. Surah tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surah Tabarok.” (HR. Thobaroni)

2. Dihindarkan dari Siksa Kubur dan Neraka

Apabila ingin dijauhkan dari siksa kubur dan siksaan neraka yang pedih, maka surah Al-Mulk adalah jalannya. Memperbanyak membaca surah Al-Mulk akan menjadi penolong kita, serta menjauhkan dari siksa kubur dan siksa neraka.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud mengatakan:

“Barang siapa membaca surah Tabarokalladi ‘bi yadihii mulkT setiap malam, maka Allah SWT. akan menghindarkannya dari azab kubur. Dan dahulu kami (para sahabat) disaat Rasulullah Saw (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh, surah tersebut ada dalam kitabullah. Barang siapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. Nasa’i)

3. Menjauhkan Diri dari Maksiat

Dalam surah Al-Mulk disebutkan, orang yang taat pada Allah ialah meski dirinya tidak ada yang melihat namun tetap berlaku taat. Sebagaimana dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Mulk ayat 12.

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُم بِٱلْغَيْبِ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ

Innallażīna yakhsyauna rabbahum bil-gaibi lahum magfiratuw wa ajrung kabīr

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak nampak oleh mereka. Mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Mulk ayat 12)

4. Menjadikan Tawakal

Allah SWT. memerintahkan manusia untuk berserah diri pada Allah Ta’ala, namun bukan berarti tidak berbuat apa-apa. Dalam QS. Al-Mulk ayat 15 Allah SWT. memerintahkan manusia agar berjalan di muka bumi untuk mendapatkan rezeki yang halal. Baik dari jalan bertani, berdagang, dan sebagainya.

هُوَ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلْأَرْضَ ذَلُولًا فَٱمْشُوا۟ فِى مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا۟ مِن رِّزْقِهِۦ ۖ وَإِلَيْهِ ٱلنُّشُورُ

Huwallażī ja’ala lakumul-arḍa żalụlan famsyụ fī manākibihā wa kulụ mir rizqih, wa ilaihin-nusyụr

Artinya: “Dia-lah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al-Mulk ayat 15)

Itulah keutamaan surah Al-Mulk yang luar biasa, dianjurkan untuk dibaca setiap malam sebelum tidur.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × one =