Bahas Pemukiman Israel, Utusan PBB Bertolak Ke Mesir

 Bahas Pemukiman Israel, Utusan PBB Bertolak Ke Mesir

Perdamaian Timur Tengah (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Kairo — Pemimpin negara-negara Timur Tengah bertemu dengan para pimpinan dari negara-negara Arab. Pertemuan membahas perihal pemukiman baru Israel yang semakin menekan warga Palestina di Tepi Barat.

“Kami melihat pemerintah Palestina terpojok. Situasi di Gaza terlihat rapuh,” kata Wennesland kepada sejumlah wartawan setelah bertemu dengan Ketua Liga Arab. Ahmed Aboul Gheit di Kairo sebagaimana dilansir dari Voa Indonesia, Jumat (4/11/2021).

Pemerintah Israel mengizinkan sejumlah 1300 rumah untuk dibangun di Tepi Barat yang diduduki beberapa hari. Setelah meneruskan rencana pembangunan lebih dari 3.000 unit rumah bagi pemukim Yahudi.

Selain itu, Pemerintah Israel menyatakan mengadopsi pendekatan yang moderat untuk mengurangi friksi dengan AS yang menentang pemukiman. Beberapa ketegangan dalam koalisi pihak yang berkuasa, yang mencakup partai-partai dari seluruh spektrum politik.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengatakan tentangan atas perluasan permukiman. Dengan mengatakan hal itu mengacaukan upaya untuk kembali menghidupkan proses perdamaian.

“Israel dan Palestina belum mengadakan negosiasi yang substantif selama lebih dari satu dekade,” ucapnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen − 5 =