Cancel Preloader

Baca di Hari Jumat, Shalawat ini Menghapuskan Dosa 80 Tahun

 Baca di Hari Jumat, Shalawat ini Menghapuskan Dosa 80 Tahun
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Allah SWT memerintahkan kita untuk senantiasa ber-shalawat kepada kekasihnya yaitu Nabi Muhammad Rasulullah SAW, sebagaimana kita ketahui dalam surah Al-Ahzab ayat 56.

Allah SWT juga akan membalas 10 kali lipat bagi mereka yang bershalawat 1 kali kepada Rasulullah SAW, sebagaimana hadis dari Abu Hurairah berikut :

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Uwais bin Uwasi meriwayatkan suatu ketika sahabat pernah bertanya tentang perintah shalawat, apakah bacaan shalawat mereka sampai kepada Rasulullah SAW ketika beliau sudah wafat nanti. Rasulullah lalu menjawab :

فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرَمْتَ أَيْ يَقُولُونَ قَدْ بَلِيتَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ عَلَيْهِمْ السَّلَام

Maka perbanyaklah shalawat kepadaku karena shalawat kalian disampaikan kepadaku.” Mereka (para sahabat) berkata; “Wahai Rasulullah, bagaimana mungkin shalawat kami bisa disampaikan kepada engkau, sedangkan engkau telah meninggal? atau mereka berkata; “Telah hancur (tulangnya)” Rasulullah lalu berkata: “Allah SWT mengharamkan tanah untuk memakan jasad para Nabi.” (Sunan An-Nasai)

Namun ada satu hari dimana bacaan shalawat ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW sendiri, yaitu pada hari Jumat yang merupakan Sayyidul Ayyam atau hari yang paling mulia diantara 6 hari yang lain.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro)

Shalawat Penghapus Dosa 80 Tahun

Terkait anjuran bershalawat di hari jumat ini Rasulullah SAW telah mengajarkan satu bacaan shalawat yang barang siapa membacanya akan diampuni dosanya selama 80 tahun. Subhanallah

Hadis tersebut adalah sebagai berikut :

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِينَ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُ ثَمَانِينَ سَنَةٍ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْك قَالَ تَقُولُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

Artinya: “Siapa yang bershalawat kepadaku pada hari jumat 80 kali maka akan diampuni dosanya selama 80 tahun” Lalu para sahabat bertanya “Bagaimana bacaan shalawat tersebut ya Rasul ?” Lalu Rasulullah SAW menjawab “Ya Allah, limpahkanlah sholawat-Mu kepada Muhammad, hamba, Nabi dan Rasul-Mu, seorang Nabi yang ummi'” dan kamu hitung satu kali“. (HR. Daruquthni)

Menurut Al-Imam Ibnu Al-Nu’man dan Al-Hafizh Al-‘Iraqi derajat hadis ini adalah Hasan atau derajat hadis dibawah hadis shahih namun diatas hadis dhaif.

Bacaan Shalawatnya sebagai berikut

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ

Allahumma Sholli ‘Ala Muhammadin ‘Abdika Wa Nabiyyika Wa Rosulikannabiyyil Ummiyyi (Baca 80 kali)

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 2 =