Arti dan Bacaan Ijab Qabul

 Arti dan Bacaan Ijab Qabul

Ijab Kabul dalam Sekali Nafas (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Ijab qabul menjadi momen penting dalam sejarah hidup manusia. Untuk itu bacaan ijab qabul pun tidak sembarangan dan cukup sakral. Lalu apa arti dari bacaan ijab qabul tersebut?

Ijab menurut bahasa artinya ialah menetapkan sesuatu. Lalu qabul adalah menyatakan persetujuan atas ijab yang ditetapkan. Ijab qabul dapat dijalankan jika ada rukun pernikahan, adapun rukun yang pokok di dalam pernikahan ialah adanya mempelai laki-laki dan perempuan.

Kedua mempelai sepakat untuk membentuk keluarga yang diikat dalam pernikahan melalui ijab qabul. Ijab qabul menjadi syarat keridhaan kedua mempelai sebab hal tersebut tidak terlihat. Ungkapan keridhaan inilah yang kemudian diwujudkan dalam ijab qabul atau lambang keridhaan.

Bacaan ijab qabul sendiri dimulai oleh sang wali dari mempelai perempuan, baik ayahnya sendiri maupun wali hakim dengan bacaan sebagai berikut:

نْکَحْتُكَ وَ زَوَّجْتُكَ مَخْطُوْبَتَكَ بِنْتِيْ …. عَلَی الْمَهْرِ ….

Ankahtuka wa Zawwajtuka Makhtubataka Binti …. alal Mahri ….

Artinya: “Aku nikahkan engkau, dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu puteriku ….. dengan mahar …..”

Lalu dijawab oleh mempelai laki-laki,

قَبِلْتُ نِکَاحَهَا وَ تَزْوِيْجَهَا عَلَي الْمَهْرِ الْمَذْکُوْرِ وَ رَِضِْیتُ بِهِ وَ اللهُ وَلِيُّ التَّوْفِیْقِ

Qobiltu Nikahaha wa Tazwijaha alal Mahril Madzkuur wa Radhiitu bihi, Wallahu Waliyut Taufiq.

Artinya: “Aku terima nikahnya dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan, dan aku rela dengan hal itu. Dan semoga Allah selalu memberikan anugerah.”

Membaca Basmallah dan Istighfar

Sebelum mengucapkan bacaan ijab qabul, kedua mempelai diminta membaca basmallah dan istighfar agar bebas dari gangguan jin dan setan. Setelah istighfar, wali dari mempelai perempuan akan mengucapkan kalimat berikut:

Saudara/Ananda … (nama pengantin laki-laki) bin … (nama ayah pengantin laki-laki) Saya nikahkan dan saya kawinkan engkau dengan anak saya yang bernama : (nama pengantin perempuan) dengan maskawinnya berupa ……, Tunai.

Setelahnya, pengantin pria langsung menjawab dengan kalimat :

Saya terima nikahnya dan kawinnya … (nama pengantin perempuan) binti … (nama ayah pengantin perempuan) dengan maskawinnya yang tersebut, tunai.

Itulah arti dan bacaan ijab qabul yang perlu Anda ketahui dan persiapkan untuk hari spesial di hidup Anda.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 4 =