KabarKabar DaerahKabar Unggulan

Arabic Camp Daring, Latih Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah

HIDAYATUNA.COM, Malang – Universitas Negeri Malang (UM) menggelar salah satu media pembelajaran bahasa Arab melalui aspek lingkungan, Arabic camp 2020. Kemah Bahasa ini digelar mulai tanggal 10-18 Oktober.

Berbeda dari konsep awal yang rencananya dilaksanakan offline, kini  Arabic Camp dikemas secara daring bagi siswa SMA/MA sederajat dan mahasiswa.

Arabic camp bertujuan mengenalkan urgensi masing masing suatu bahasa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik.

Arabic camp dibuka secara resmi oleh ketua LP2M UM, yang diwakili Dr Ahmad Munjin Nasih. Ia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, meskipun dengan segala keterbatasan yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka karena pandemi.

Dr Munjin Nasih mengungkapkan, peserta tak hanya berasal dari Malang Raya saja, melainkan hampir seluruh Indonesia. Masing-masing ada yang berasal dari Banyuwangi, Blitar, Sukoharjo (Jawa Tengah) dan daerah Indonesia yang lainnya.

“Salah satu hikmah dibalik pandemi salah satunya adalah peserta berasal dari beragam daerah diluar rencana awal, dan ini semua perlu diapresiasi,” ungkap Dr Munjin.

Ketua Jurusan Sastra Arab, Dr. Hanik Mahliatussikah memotivasi peserta agar sungguh-sungguh mengikuti pelatihan tersebut.

“Laksanakan tugas-tugas yang diberikan pemateri dan panitia dengan sungguh-sungguh supaya kegiatan ini dapat berjalan sesuai yang direncanakan,” ujarnya.

Adapun pelatihan ini meliputi MC Bahasa Arab, Syi’ir (Puisi Arab), Debat Bahasa Arab. Total partisipan dalam kegiatan ini kurang lebih sejumlah 210 orang. Terdiri dari 144 siswa MA, 40 siswa SMA, 7 siswa SMK, dan 19 Mahasiswa dari Universitas di berbagai daerah. (Hidayatuna/ril)

Suka menulis hal-hal random yang dekat dengan dirinya.

Baca Juga :  NU Jatim Harap Kasus Gus Muwafiq Tak Diperpanjang
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close