Arab Saudi Tetap Selenggarakan Haji, Berikut Ketentuannya

 Arab Saudi Tetap Selenggarakan Haji, Berikut Ketentuannya

Arab Saudi Tetap Selenggarakan Haji

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Setelah lama dinantikan oleh umat muslim dan panitia pelaksana Haji seluruh dunia, akhirnya Pemerintah Arab Saudi mengumumkan keputusan tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020M/ 1441H pada Senin (22/6/20).

Dalam pengumuman tersebut Pemerintah Arabsaudi menyatakan ibadah haji tahun ini akan tetap diselenggarakan dan akan dimulai pada akhir Juli mendatang. Namun jemaah haji dari negara lain dilarang mengikuti ibadah ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hanya sejumlah kecil orang yang saat ini sudah berada di negara itu yang dapat mengikuti ibadah haji tahun ini.

Dilansir Arab News, Kementerian Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi dalam pengumuman tersebut mengatakan keputusan itu diambil karena ancaman penyabaran Covid-19 yang belum usai dan dengan dasar menjaga “kesehatan masyarakat global”.

Sebelumnya, ada kekhawatiran bahwa ibadah haji akan dibatalkan sama sekali. Kini Pemerintah Saudi mengatakan ibadah haji tahun ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Keputusan ini diambil untuk memastikan haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat sambil mengamati semua langkah pencegahan dan protokol jarak sosial yang diperlukan.”

Tahun lalu, lebih dari 1,8 juta jamaah haji tercatat datang ke Arab Saudi dari luar negeri untuk mengikuti pelaksanaan ibadah tahunan tersebut. Kementerian haji mengatakan tahun ini risiko penularan penyakit antara negara-negara dan peningkatan infeksi secara global berarti risikonya terlalu tinggi.

Pihak Kementerian Haji Arab Saudi juga mengatakan mengatakan prioritas utama adalah untuk selalu memungkinkan jamaah Muslim dapat melakukan haji atau pun umrah dengan aman. (AS/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − 1 =