Arab Saudi Komitmen Jaga Stabilitas Negara Arab

 Arab Saudi Komitmen Jaga Stabilitas Negara Arab

Menteri Saudi Temui Ketum PBNU Bahas Masa Depan Islam (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Riyadh – Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi, Pangeran Khalid bin Salman bin Abdulaziz, menegaskan kembali komitmen Koalisi Arab. Untuk mendukung pemerintah Yaman dan rakyat dalam mencapai keamanan, stabilitas dan perdamaian.

Pangeran Khalid memberikan jaminan itu saat bertemu dengan Perdana Menteri Yaman Mueen Abdul-Malik Saeed di Riyadh.

Dalam sebuah tweet, sang pangeran mengatakan kepada pemimpin Yaman bahwa koalisi yang dipimpin Saudi tetap berkomitmen. Untuk melanjutkan “upaya mencapai resolusi politik untuk konflik” di Yaman.

Pemerintah Yaman telah terkunci dalam perang dengan milisi Houthi yang didukung Iran, yang merebut sebagian besar negara Arab yang miskin pada tahun 2014. Perebutan kekuasaan mendorong negara-negara Arab lainnya yang dipimpin oleh Arab Saudi untuk mengorganisir koalisi untuk memulihkan pemerintah yang digulingkan saat itu.

Sebagai tanggapan, Houthi telah membombardir daerah berpenduduk Arab Saudi dengan serangan rudal dan pesawat tak berawak.

Selain itu, sebuah laporan Saudi Press Agency, Senin (20/12) juga mengutip Pangeran Khalid yang mengatakan bahwa Arab Saudi sedang “memantau situasi ekonomi yang sulit dari rakyat Yaman.”

Riyadh menyambut baik keputusan baru-baru ini yang diambil oleh pemerintah Yaman dalam menugaskan badan anti-korupsi. Untuk mengevaluasi dan meninjau status Bank Sentral Yaman, kata laporan itu.

Memperbaiki situasi keuangan Yaman melalui reformasi ekonomi akan berkontribusi pada peningkatan dukungan ekonomi dari Arab Saudi dan masyarakat internasional, kata SPA.

Sementara itu, perdana menteri Yaman mengutip dukungan berkelanjutan Arab Saudi di semua bidang. Pihaknya juga menekankan bahwa dukungan Kerajaan untuk Bank Sentral memiliki dampak signifikan pada stabilitas mata uang Yaman dan situasi ekonomi.

Arab Saudi, melalui lembaga bantuannya KSRelief, telah menjadi donor terbesar ke Yaman. Guna memberikan bantuan makanan dan meningkatkan mata pencaharian rakyat Yaman, di samping bantuan ekonomi lainnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *