Ibadah

Apa Yang Dibaca Ketika Khotib Duduk Diantara 2 Khutbah ?

HIDAYATUNA.COM – Lazim kita saksikan praktek shalat Jum’at di masyarakat ketika khotib duduk diantara dua khutbah biasanya muraqqi langsung membaca sholawat . Fenomena ini menimbulkan kebingungan, sebab di satu sisi kita dianjurkan menjawab sholawat.

Namun waktu ketika khotib duduk diantara dua khutbah tersebut merupakan saat yang sangat mustajabah sehingga kita dianjurkan untuk berdoa. Lalu manakah yang harus di prioritaskan antara membaca sholawat atau berdoa ?

Jawaban dari hal ini adalah bahwa bagi khotib disunnahkan membaca surat al-ikhlas, sedangkan para hadirin jama’ah shalat jumat disunnahkan berdoa dengan suara pelan-pelan.

Hal ini dijelaskan dalam kitab al-Fatawa al-Fiqhiyyah al-Kubra  ‘ala Mazhab al-Imam al-Syafi’i imam Ibnu Hajar menjelaskan bahwa “si khotib disunnahkan membaca surah Al-Ikhlas. Dan saya (Ibnu Hajar) berkata dalam karya Syarkh Al-‘Ubab saya tidak mengetahui satu orang pun yang menentang disunnahkannya membaca surat Al-Ikhlas yang dikhususkan ketika khotib duduk diantara dua khutbah”.

Al-Qodhi Husain berkata, membaca doa ketiak duduk diantara dua khutbah itu sangat mustajabah.” dan bisa diambil kesimpulan dari apa yang telah dipaparkan oleh Al-Qodhi Husain diatas bahwasanya bagi jamaah Jumat ketika diwaktu duduk tersebut disunnahkan untuk mengisinya dengan doa, karena ada keterangan yang sudah ditetapkan bahwa (berdoa pada waktu tersebut sangat mustajabah). Wallahu A’lam.

Sumber : al-Fatawa al-Fiqhiyyah al-Kubra  ‘ala Mazhab al-Imam al-Syafi’i

Baca Juga :  Hukum Mengumandangkan Adzan Selain Waktu Shalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close