Cancel Preloader

Apa Benar Perempuan yang Ambisius Susah Dapat Jodoh?

 Apa Benar Perempuan yang Ambisius Susah Dapat Jodoh?

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Kata ambisius pada kenyataannya tidak selalu dianggap positif oleh sebagian orang. Terutama jika kata tersebut ditujukan pada seorang perempuan.

Dimana perempuan yang ambisius lebih sering dipandang negatif oleh kalangan laki-laki. Ada rasa minder yang muncul di dalam diri laki-laki jika melihat perempuan memiliki kemampuan yang lebih dari dirinya.

Bahkan untuk dijadikan sebagai pasangan pun, laki-laki akan berpikir riburan kali. Khawatir jika nantinya saat sudah hidup berumah tangga, pihak perempuan lebih dominan dalam urusan rumah tangga tersebut.

Padahal di Al-Quran sendiri sudah jelas diterangkan tentang kesetaraan antara laki-laki dan perempuan tersebut melalui surat Al-Hujurat ayat 13:

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. Dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Melalui ayat tersebut kita ketahui bahwa antara laki-laki dan perempuan secara asal mula biologis adalah sama. Hanya ketakwaannya yang membedakan manusia satu dengan yang lainnya.

Stigma Negatif Perempuan Ambisius

Tidak sedikit orang yang mengartikan kata ambisus sebagai suatu sifat yang egois dan terlalu membesar-besarkan diri. Lebih parahnya lagi ada juga yang berpandangan bahwa sebutan ambisus pada perempuan dianggap bitchy.

Padahal jika kita merujuk arti ambisius dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata tersebut berarti berkeinginan keras mencapai sesuatu (harapan, cita-cita). Di mana arti itu tentunya mengindikasikan hal yang positif karena ingin mencapai impian.

Penggunaan kata ini menjadi masalah besar jika diberikan pada perempuan, namun jika diberikan pada laki-laki menjadi suatu kehormatan dan kebanggan tersendiri.

Hal ini tidak terlepas dari budaya kita yang masih menganggap bahwa perempuan lebih cocok menempati peran tradisional. Seperti menjadi ibu rumah tangga dan menjalankan aktivitas keseharian di dapur.

Laki-Laki Takut Dengan Perempuan Berambisi

Laki-laki yang selama ini memiliki peran utama dalam beberapa hal, telah semakin memperkuat keyakinan banyak orang bahwa laki-laki harus selalu unggul. Sehingga, ketika laki-laki dipertemukan dengan perempuan yang memiliki ambisi tinggi, maka akan merasa terancam dan khawatir.

Ia merasa tidak siap jika nanti jiwa maskulinitas dalam dirinya akan hancur karena dikalahkan oleh ambisi besar perempuan. Dengan begitu, tidak jarang para laki-laki memilih untuk mundur dari perempuan tersebut dan akan mencari perempuan yang lebih patuh dan penurut.

Jangan Takut Tidak Dapat Jodoh

Fenomena tersebut tidaklah bisa kita generalisir bahwa semua laki-laki tidak sepakat dengan keambisiusan perempuan. Ada juga laki-laki yang merasa bangga dengan perempuan yang bercita-cita besar dan mau berjuang untuk mewujudkannya. Bahkan mereka akan saling bahu-membahu untuk mencapainya.

Sehingga, sifat ambisius ini seharusnya tidak membuat perempuan menjadi khawatir tentang jodohnya. Sebab kita kembali lagi pada harapan setiap orang yang ingin memiliki pasangan untuk bisa diajak ngobrol bareng dan nyambung serta bisa saling mamahami satu sama lain.

Jika kamu dipertemukan dengan laki-laki yang merasa takut denganmu karena sifat tersebut, maka itu berarti dia memang bukanlah orang yang tepat untuk menjadi teman hidupmu. Yakinlah bahwa Allah SWT sudah mempersiapkan jodoh yang paling cocok untuk kamu.

Jadi, para perempuan janganlah merasa ragu dengan ambisi kuat yang kamu miliki. Hal tersebut adalah hak kamu untuk terus memperjuangkannya. Kamu juga tidak perlu takut dengan urusan jodoh, karena insyaallah kamu akan dipertemukan dengan orang yang mampu mengimbangimu.

Widya Resti Oktaviana

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 + 8 =