Amalan Zikir Pagi yang Dibaca Rasulullah Saw

 Amalan Zikir Pagi yang Dibaca Rasulullah Saw

Amalan 1 Muharram Agar Terlindung dari Marabahaya (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Rasulullah Saw rajin membaca zikir tiap pagi, amalan ini bagus apabila diamalkan oleh umat Islam. Salah satu bacaannya yakni memohon agar dapat diberikan ilmu, rezeki, dan diterimanya amalan seorang hamba.

Ummu Salamah RA bertutur, “Bahwasanya Rasulullah Saw rutin membaca doa di atas setiap selesai salat Subuh.” HR Ahmad dan dinilai hasan Ibn Hajar Al Asqalaniy. Beberapa target-target itu di antaranya: 

Pertama, ilmu yang bermanfaat 

Setiap hari seorang Muslim harus berupaya mendapatkan tambahan ilmu, namun bukan sembarang ilmu melainkan yang dicarinya adalah ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang benar dan yang diamalkan sehingga semakin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT.  

Ilmu ini ada tiga macam yaitu pertama, ilmu tentang Allah, nama-nama-Nya dan sifat-sifat-Nya, kedua Ilmu tentang jalan yang mendekatkan kepada Allah, yaitu syariat-Nya, ketiga, Ilmu tentang akhirat, surga dan neraka. 

Kedua, rezeki yang baik

Rezeki yang baik adalah yang halal. Sebab rezeki yang halal akan mendatangkan ketenangan, memberikan kekuatan untuk beribadah, menyebabkan amalan diterima, serta menjadi sebab keberkahan. Sebaliknya, rezeki yang haram akan mengakibatkan kegelisahan, membuat malas beribadah, memicu tertolaknya amalan, serta mengundang bencana.  

Ketiga, amalan yang diterima

Seorang Muslim bukan hanya bersemangat untuk beramal. Namun dia juga harus berupaya keras agar amalannya diterima, dengan cara memenuhi kriteria-kriteria diterimanya suatu amal, yang telah digariskan agama.  

Zikir ini mengajarkan pada setiap Muslim untuk menentukan target yang hendak dicapainya setiap pagi. Mengamalkan zikir tersebut dapat membuat hidup selalu terarah dan berada di atas rel yang benar.

Berikut bacaan doanya yang dibaca satu kali: 

“اللَّهُمَّ ‌إِنِّي ‌أَسْأَلُكَ ‌عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا” 

Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutabbalan 

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima”. 

 

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *