Amalan yang Bikin Pahala Mengalir Terus, Anda Wajib Lakukan

 Amalan yang Bikin Pahala Mengalir Terus, Anda Wajib Lakukan

Amalan yang Bikin Pahala Mengalir Terus

HIDAYATUNA.COM –Salah satu ibadah yang tidak boleh sampai dilewatkan adalah beramal. Terutama amal jariyah yang bisa membuat kita mendapatkan pahala kita mengalir secara terus-menerus, meski telah menghadap-Nya.

Terkadang ada amalan jariyah yang sederhana, namun tidak sadar telah kita lewatkan. Bahkan amalan tersebut bisa dilakukan di sekitar kita dan hal itu bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk orang lain.

Hal ini pun sudah dijelaskan melalui hadis dari Abu Hurairah ra dalam hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah saw bersabda:

Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh yang berdoa baginya”.

Dengan melakukan amalan-amalan jariyah, otomatis ini telah menjadi usaha kita dalam mempersiapkan bekal untuk kelak ketika kita sudah dipanggil oleh Sang Khaliq. Tentu saja kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput. Sehingga persiapan sejak sekarang adalah yang terbaik.

Amalan yang Masuk dalam Kategori Amal Jariyah

Di dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah menerangkan bahwa ada beberapa amalan yang tergolong ke dalam amal jariyah. Apa saja amalan tersebut?

  1. Menyebarkan Ilmu yang Bermanfaat

Seorang ilmuwan populer Albert Einstein pernah mengatakan bahwa “Ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh”. Di samping kita membutuhkan adanya agama untuk menjadi pedoman selama hidup, kita juga membutuhkan ilmu.

Saat ini dalam memperoleh ilmu bisa dilakukan secara formal di sekolah maupun secara informal yang diselenggarakan dalam beberapa acara. Bahkan kita bisa mendapatkan kedua jenis pendidikan tersebut. Jika kita mampu untuk menularkan ilmu yang bermanfaat, maka jangan ragu untuk melakukannya.

  1. Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Sholeh dan Sholiha

Kehadiran anak sholeh dan sholiha sangat bergantung pada bagaimana mereka dibesarkan dan dididik sedemikian rupa. Dalam hal ini, orang tua memiliki peranan yang sangat penting.

Ketika kita menjadi orang tua dan mampu mendidik anak agar menjadi sholeh dan sholiha, maka kebaikan yang dilakukan oleh anak-anak kelak akan memberikan aliran pahala kepada kita.

  1. Mewariskan Buku Agama

Amalan jariyah lainnya yang bisa kita lakukan adalah dengan mewariskan buku agama kepada mereka yang memang bisa memanfaatkannya untuk jalan yang baik bagi dirinya sendiri serta orang lain.

Misalnya saja kita memiliki buku agama lalu diwariskan kepada pelajar yang tengah mengenyam pendidikan di bidang yang terkait dengan buku tersebut. Tentu saja itu akan sangat bermanfaat baginya dalam membantu belajar.

  1. Membangun Masjid

Masjid menjadi majlis yang sangat penting bagi umat Islam. Tidak hanya untuk beribadah saja, tetapi juga untuk menjalankan berbagai kegiatan keagamaan yang akan digunakan oleh masyarakat umum.

Oleh karena itu, orang yang sudah membangun masjid, maka dirinya akan mendapat pahala layaknya orang yang menjalankan ibadah di masjid tersebut.

  1. Membangun Tempat Tinggal Untuk Orang yang Bepergian

Barangsiapa yang mambangun sebuah bangunan atau tempat tinggal untuk disediakan kepada mereka yang sedang bepergian, maka ini sangatlah terpuji. Tetapi mereka yang bepergian tersebut tentunya adalah karena tujuan yang baik.

Orang tersebut telah membantu mereka untuk bisa mendapatkan tempat tinggal, sehingga mereka tidak dibiarkan begitu saja berada di jalanan. Amalan inilah yang bisa mendatangkan banyak pahala pada orang yang sudah membangunnya.

  1. Mengalirkan Air Bersih Kepada yang Membutuhkan

Diketahui bersama bahwa air bersih adalah kebutuhan yang sangat krusial. Jika air bersih tidak tersedia, maka minuman dan makanan yang kita konsumsi tidaklah baik untuk kesehatan. Begitu pun untuk urusan cuci dan mandi kita.

Sebuah hadis riwayat Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah, Rasulullah saw bersabda:

Barangsiapa membangun sebuah sumur lalu diminum oleh jin atau burung yang kehausan, maka Allah akan memberinya pahala kelak di hari kiamat.”

  1. Bersedekah

Harta yang kita peroleh bukanlah miliki kita sepenuhnya. Ada hak orang lain di dalam harta tersebut. Oleh karena itu, sedekahkan sebagian harta yang kita miliki kepada mereka yang membutuhkan dengan ikhlas. Inilah yang akan memberikan aliran pahala kepada kita.

Beramal bukan saja baik untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Di mana selama kita mampu untuk mengerjakan amal itu, maka janganlah ragu untuk melakuannya. Melalui beberapa amalan tersebutlah yang mampu memberikan banyak pahala kepada kita, meski kita sudah meninggal.

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × five =