Amalan

Amalan Ringan di Hari Asyura agar Rezeki Berlimpah Sepanjang Tahun

HIDAYATUNA.COM – Hari Asyura adalah hari yang sangat istimewa, karenanya tentu kita tidak boleh melewatkan begitu saja hari tersebut tanpa amalan atau ibadah yang lain.

Diantaranya adalah puasa Asyura sebagaimana sabda Beliau SAW: “Dan puasa di hari Asyura saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan (dosa) setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Namun terdapat amalan lain selain berpuasa yang dianjurkan untuk laksanakan pada hari asyura.

Amalan tersebut sangat ringan dan berfaidah luar biasa agar kita diberikan razeki yang berlimpah sepanjang tahun.

Amalan ini dijelaskan dalam Kitab I’anatuh Thalibin karya Syaikh Bakri Syatha,

إنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ اِفْتَرَضَ عَلَى بَنِي إِسْرَائِيْلَ صَوْمَ يَوْمٍ فِي السَّنَةِ وَهُوَ يَوْمُ عَاشُورَاء وَهُوَ الْيَوْمُ العَاشِرُ مِنَ المُحَرَّمْ فَصُوْمُوْهُ وَوَسِّعُوْا عَلَى عِيَالِهِ فَاِنَّهُ مَنْ وَسَّعَ عَلَى عِيَالِهِ وَأَهْلِهِ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، وَسَّعَ اللهُ عَلَيْهِ سَائِرَ سَنَتِهِ

“Sesungguhnya Allah SWT mewajibkan kepada Bani Israil puasa satu hari dalam satu tahun yaitu pada hari Asyura, yaitu hari ke sepuluh di bulan muharram. Maka berpuasalah (pada hari asyura) dan luaskanlah (berikanlah lebih banyak) rezeki kepada keluargamu. Karena barang siapa meluaskan (memberikan lebih banyak rezeki) pada keluarga atau istrinya di hari asyura maka Allah SWT akan meluaskan rezekinya sepanjang tahun.”

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa amalan singkat di hari asyura adalah memberikan rezeki yang lebih kepada keluarga.

Bisa berupa uang belanja yang lebih banyak kepada istri, orang tua atau memberikan uang kepada sanak keluarga serta lebih bagus jika dilanjutkan bersedekah kepada orang yang kurang mampu.

Baca Juga :  Bacalah Doa Nabi Adam ini agar Dikejar-kerja Harta Dunia
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close