Cancel Preloader

Amalan Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

 Amalan Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

amalan doa

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Amalan doa agar dimudahkan segala urusan dianjurkan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sejatinya selama masih bernafas dimuka bumi, Allah akan menguji hambanya dengan berbagai cara, mulai dari kebahagiaan hingga kesulitan.

Kesulitan mendatangi ke hampir semua kehidupan seseorang. Kesulitan yang dialami setiap manusia tentu bervariasi.

Mulai dari sulit masalah ekonomi, kesehatan yang tidak stabil, keturunan yang tak kunjung datang, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu kita perlu berdoa agar dimudahkan segala urusan kita. Doa dari Nabi Saw. yang berisi permohonan kepada Allah agar segala urusan dimudahkan ini perlu diistikamahkan untuk dibaca sebagaimana berikut;

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla

Artinya : “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

Doa ini disebutkan oleh Ibnu Sinni dalam kitabnya Amalul wal Lailah, Ibnu Hibban dalam kitabnya Shahih Ibnu Hibban dan Imam Nawawi dalam kitabnya Alazkar. Sumber doa ini dari sahabat Anas bin Malik dan berstatus sebagai hadis sahih.

Selain berdoa, tentu masih banyak amalan lain yang bisa kita lakukan agar segala urusan kita dimudahkan. Namun dari sekian banyak amalan-amalan tersebut, tentu yang paling mudah untuk dilakukan kapan pun dan di mana pun adalah amalan doa.

Amalan doa agar dimudahkan segala urusan ini bisa kita lakukan meski di luar keadaan salat. Misal di hari Jumat, hari mustajab untuk berdoa. Di waktu-waktu tertentu yang juga mustajab untuk berdoa. Juga di saat berkendara, bekerja, atau tengah menghadapi situasi sulit sekali pun.

Luangkanlah waktu, kapan pun dan di mana pun, selagi tempat itu baik untuk berdoa agar segala urusan dimudahkan. Inilah doa agar dimudahkan segala urusan. Selamat mengamalkan!

Pipit Enfiitri

Pipit Enfiitri

https://hidayatuna.com/

Suka menulis hal-hal random yang dekat dengan dirinya.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two − two =