Amalan As Syibli yang Diridhai Rasulullah di Hari Jumat

 Amalan As Syibli yang Diridhai Rasulullah di Hari Jumat

Amalan As Syibli (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Syekh Nawawi Al Bantani menuliskan amalan yang berisi munajat dan mohon ampunannya Dalfu bin Jahdar Asy Syibli. Dilansir dari Republika.co.id, Dalfu yang dikenal dengam sebutan Abu Bakar Asy-Syibli adalah tokoh makrifat kepada Allah SWT. yang terkenal dengan doa-doanya.

Berikut doa Abu Bakar Asy Syibli yang ditulis Syekh Nawawi Al Bantani dalam kitabnya Nashaih Al-Ibad.

إلهي إني أحب أن أهب لك جميع حَسَناتي مع فقري وضغفي، فكيف لا تحب سيدي أن تهب لي جميع سيئاتي مع غناك مولاي عنيي

Allahumma ini uhibbu an ahaba laka jami’a hasanati ma’a faqri wa dha’fi, fa kaifa la tuhibbu an tahaba li jami’a sayyiati ma’a ghinaka maulaya ‘anni.

“Wahai Tuhanku, sungguh aku senang menghaturkan kepada-Mu seluruh kebaikanku berikut kemelaratan dan kelemahanku. Maka bagaimana lagi Engkau wahai Tuhanku tidak suka menganugerahkan kepadaku seluruh kejelekanku. Berikut kemahakayaan-Mu untuk tidak menyiksaku.”

Maksud dari tafsir doa Syekh Nawawi di atas ialah kemelaratan di sini diartikan dengan keperluan untuk memperoleh kebajikan. Kelemahan dimaksud dengan kelemahan untuk memperbanyak ibadah.

“Dan permohonan agar tidak disiksa karena sesungguhnya kejelekan hamba itu tidak merugikan  Allah SWT. Sebagaimana juga, kebaikan tidak menguntungkan-Nya,” tulis Syekh Nawawi dikutip dari Republika.co.id.

Berikut ini adalah bait bait syair yang telah diijazahkan kepada Abu Bakar Asy Syibli dari salah seorang ulama terkemuka untuk dibaca tujuh kali. Dibaca sesudah salat Jumat, sebagaimana diterbitkan oleh Republika.co.id.

اِلهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ اَهلاً # وَ لاَ اَقْوَي عَلَي النَّارِ الْجَحِيْمِ

فَهَبْ لِي تَوْبَةً وَ اغْفِرْ ذُنُوْبِي # فَاِنَّكَ غَافِرُ الذَنْبِ الْعَظِيْمِ

وَ عَامِّلْنِي مُعامَلةً الْكَرِيْمِ #وَ ثَبِّتْنِي عَلَي النَّهْج الْقَوِيْمِ

“Ya Tuhanku tak layak bagiku menghuni surga firdaus. Namun aku tak kuat bila menempati neraka jahim. Maafkanlah semua kesalahanku dan ampunilah semua dosaku karena hanya Engkaulah yang mengampuni dosa-dosa yang besar. Perlakukanlah daku dengan perlakuan yang terhormat dan kokohkanlah keyakinanku pada jalan yang benar.”

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × five =