Ali ibn Sahl, Ilmuwan Pertama Penulis Ensiklopedi Kedokteran

 Ali ibn Sahl, Ilmuwan Pertama Penulis Ensiklopedi Kedokteran

Ali ibn Sahl, Ilmuwan Pertama Penulis Ensiklopedi Kedokteran (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pada abad ke-9 M, Islam telah melahirkan banyak ilmuwan muslim yang hebat. Warisan intelektualnya hingga kini masih menjadi rujukan keilmuan dunia.

Salah satu ilmuwan muslim paling berpengaruh pada abad ke-9 M adalah Ali ibn Sahl al-Tabari. Kepakarannya di bidang sains mengundang rasa decak kagum.

Di mana ia menjadi ilmuwan pertama di dunia yang mampu menghasilkan ensiklopedi kedokteran. Hal ini sebagaimana diungkapkan Islamic Scientific Heritage melalui akun Twitter resminya @IslamicSH_.

“Ali ibn Sahl al-Tabari (w. 870) adalah seorang sarjana muslim, dokter dan psikolog yang menghasilkan salah satu ensiklopedi kedokteran pertama berjudul Firdous Al-Hikmah (Surga Kebijaksanaan),” tulisnya dikutip Rabu (30/6/2020).

Menurut Islamic Scientific Heritage sosok Ali ibn Sahl tumbuh dan melakukan pengembangan diri atas keilmuan keilmuan yang ia kuasai di Baghdad, Irak. Tepatnya berada di bawah kekuasaan Khalifah Al-Mu’tasim dan Al-Mutawakkil.

Selain itu, Ali ibn Sahl terkenal sebagai ilmuwan muslim yang banyak menguasai bidang keilmuwan. Mulai dari bidang seni, bahasa, matematika dan tentu saya di bidang dunia medis.

Misalnya dalam bidang bahasa, sosok Ali ibn Sahl mengusai berbagai bahasa. Yakni bahasa Syiria dan Yunani. Penguasaan bahasa ini yang membantu dirinya dalam mengembangkan keilmuannya.

“Ali ibn Sahl fasih berbahasa Syiria dan Yunani, dua sumber untuk tradisi medis kuno, dan berpengalaman dalam kaligrafi halus,” sambung Islamic Scientific Heritage.

“Dia meninggalkan 12 buku untuk umat manusia. Kebanyakan dari mereka adalah tentang obat obatan. Ia juga dikenal sebagai sarjana matematika dan astronomi,” jelasnya.

Sebagai informasi, Ali ibn Sahl lahir di Amol, Iran sekitar tahun 838. Kemudian ia meninggal dunia pada tahun 870 M di Baghdad, Irak.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × two =