Alexander Russel, Mualaf yang Mengembangkan Islam di Amerika

 Alexander Russel, Mualaf yang Mengembangkan Islam di Amerika

Alexander Russel

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Islam di Amerika tak lepas dari jasa seorang mualaf bernama Muhammad Alexander Russel yang mengembangkan Islam.

Russel yang seorang penulis menggunakan bakatnya dalam mengenalkan Islam yang rahmatan lil-alamin di negeri Paman Sam itu.

Russel dikenal sebagai seorang yang teguh terhadap pendirian sehingga baginya tidaklah mungkin untuk mengambil keputusan berdasarkan hasil ikut-ikutan. Termasuk dalam keputusannya untuk memeluk Islam.

Pria yang di masa mudanya pernah bekerja di perusahan perhiasan logam mulia ini menekuni dunia jurnalistik. Hal itu lantaran ia cukup familiar dengan pekerjaan ayahnya yang seorang editor di salah satu surat kabar.

Kemampuan Russel dalam hal menulis juga tak berbeda jauh dengan ayahnya sehingga ia pun akti di bidang jurnalistik hingga politik.

Di New York, jiwa sastra ia pun makin dalam sehingga tulisan-tulisannya mampu memengaruhi pembaca sedemikian luas.T otalitasnya di dalam dunia literasi pada akhirnya mengantarkan dia menduduki jabatan tertinggi sebagai ketua dewan redaksi surat kabar Missouri Republican.

Russel Mulai Mempelajari Islam

Di saat menggeluti profesinya sebagai jurnalis inilah, Russel mulai merasa jenuh dan kering tentang ajaran-ajaran agama yang diwariskan ayahnya.

Ia kemudian mempelajari sejumlah agama seperti Konghucu, Zoroaster. Termasuk agama Yahudi dan Nasrani lengkap dengan ‘madzhab’ yang ada dalam ajaran tersebut.

Sampai kemudian ia mempelajari Alquran dan belajar Islam. Di akhir abad 19, Amerika memasuki era baru dalam dunia jurnalistiknya.

Dalam hal ini, Russel menjadi tokoh yang cukup diperhitungkan. Dalam perjalanan karirnya itu, Russel mulai yakin terhadap ajaran Islam.

Kemampuannya dalam karir jurnalistik juga mengantarkan dia sebagai politisi. Ia pun berhasil menjadi pejabat di Kedutaan Besar Amerika di Filipina.

Namun di tahun 1893, ia mengundurkan diri dari dunia diplomatik dan memutuskan untuk pergi ke India untuk mempelajari Islam lebih jauh. Di sana ia banyak bertemu tokoh serta pemikir Muslim.

Setelah Russel yakin, ia pun memeluk Islam dan ia menerbitkan The Moslem World sebagai sarana dakwahnya. Ia juga aktif memberikan kuliah-kuliahnya tentang Islam di berbagai kota, Islam pun mulai dikenal di Negeri Paman Sam itu berkat jasanya.

Russel bisa dibilang sebagai salah satu mualaf berpengaruh generasi awal di Amerika.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 − 6 =