Cancel Preloader

Alasan April Mop Dilarang dalam Islam

 Alasan April Mop Dilarang dalam Islam

April Mop Dilarang dalam Islam (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – April Mop biasanya dilakukan di tanggal 1 April, namun dalam Islam April Mop dilarang. Alasan dilarangnya April Mop ini dipaparkan otoritas utama Mesir tentang fatwa agama Islam.

Dalam April Mop, orang-orang dianggap boleh berbohong sebagia suatu lelucon yang telah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Hal ini membuat otoritas utama Mesir memperingatkan setiap Muslim untuk tidak berpartisipasi dalam hari April Mop itu karena berbohong dilarang oleh syariat Islam.

Bohong sendiri merupakan salah satu tanda-tanda munafik, apalagi berbohong untuk April Mop. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadis Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه عن النبي صلى الله عليه وآله وسلم: قال مِن علاماتِ المُنافِق ثلاثةٌ: إذا حَدَّثَ كَذَبَ، وإذا وَعَدَ أَخلَفَ، وإذا اؤتُمِنَ خانَ

“Di antara tanda-tanda munafik ada tiga. Jika dia berbicara, berbohong. Jika dia berjanji, maka dia melanggar. Dan jika dia diberi amanah, dia berkhianat.”

Otoritas utama Mesir tentang fatwa Islam itu juga menegaskan bahwa seorang Muslim bukanlah pembohong, meskipun itu adalah April Mop atau pun lelucon. Berbohong sendiri telah disepakati larangannya, dan tidak ada yang meragukan keburukannya.

Fatwa mengenai larangan April Mop tersebut menjelaskan bahwa bukti kesyariahan untuk itu pun cukup banyak. Di antaranya adalah apa yang Bukhari dan Muslim riwayatkan dalam kitab Shahih keduanya.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 17 =