Al-Qur’an Berlapis Emas Peninggalan Dinasti Timurid

 Al-Qur’an Berlapis Emas Peninggalan Dinasti Timurid

Al-Qur’an Berlapis Emas Peninggalan Dinasti Timurid

Digiqole ad


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Jejak peninggalan peradaban Islam memang selalu menarik untuk di kaji. Salah satunya adalah Dinasti Timurid.

Meski tak sepopuler dinasti lainnya, namun dinasti Islam bercorak Sunni yang wilayah kekuasaannya membentang di Asia Tengah ini ternyata memiliki peninggalan bersejarah mengagumkan.

Dinasti yang didirikan pada abad 14 ini memiliki peninggalan benda bersejarah berupa Al-Qur’an berlapis emas. Disebut Al-Qur’an berlapis emas, sebab material kertas yang digunakan untuk menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an itu adalah jenis kertas dengan lapisan emas.

The Islamic Information dalam laporannya menyebut kertas berlapis emas yang digunakan sebagai media untuk menulis ayat Al-Qur’an ini diperoleh dari Cina.

Dimana sekitar abad ke-15, antara Dinasti Timurid dengan Dinasti Ming, menjalin hubungan bilateral. Hubungan ini berlanjut pada barter benda tertentu antar keduanya.

Salah satu barang yang diperoleh Dinasti Timurid dari kerjasamanya dengan Dinasti Ming, selain kain sutra dan tembikar, ialah kertas berlapis emas. Kertas ini yang kemudian digunakan oleh Dinasti Timurid untuk menuliskan Al-Qur’an.

Meskipun telah digunakan selama berabad-abad lamanya, namun kertas emas asal Cina yang tertulis ayat-ayat Alquran tersebut masih terlihat sangat indah dan memiliki warna cerah.

Dikutip, Rabu, 17 Juni 2020, rencananya benda berharga ini akan dilelang dengan harga USD800 ribu hingga USD1,2 juta. Pelelangan akan dilakukan di London pada 25 Juni 2020 mendatang. (MK/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 − 12 =