Al-Jazari, Ilmuan Muslim Berjuluk Robotika Dunia

 Al-Jazari, Ilmuan Muslim Berjuluk Robotika Dunia

Al-Jazari, Ilmuan Muslim Berjuluk Robotika Dunia

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Peradaban Islam banyak melahirkan ilmuan-ilmuan besar dalam berbagai bidang ilmu, salah satunya dibidang sains dan robotika.

Badi’ Al-Zaman Abu-Izz Ibnu Ismail Ibnu Ar-Razzaz Al-Jazari atau dikenal dengan nama Ismail Al-Jazari adalah salah satu dari Ilmuan Muslim yang berjasa dalam bidang sains. Al-Jazari memiliki kontribusi besar dalam berbagai penemuan bidang sains dan teknologi mekanik.

Salah satu penemuan Al-Jazari adalah inovasi jam lilin, selain itu ia dikenal sebagai penemu jam gajah yang disebut-sebut sebagai cikal bakal robotika dan mekanik.

Al-jazari lahir di Al-Jazirah, Mesopotamia pada tahun 1136 M. Al-Jazari diketahui merupakan seorang ahli matematika, insinyur mekanik dan ilmuan teknologi yang melakukan banyak penemuan penting.

Al Jazari bahkan mengabadikan berbagai macam penemuannya dalam berbagai buku salah satunya buku yang berisi rancangan 100 alat mekanik dalam Kitab fi Ma’rifat al-Hiyal AL- Handayiya atau dikenal dengan Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices tahun 1206.

Kitab lain karya Al-Jazari terkenal salah satunya Al-Jami’ Baina al-Ilm wal Amal al-Nafi’fi Sina’at al-Hiyal atau Buku Pengetahuan tentang Penemuan-Penemuan Geometris yang Jenius, berisi kumpulan teori dan praktek mekanisme.

Penemuan Al-Jazari yaitu inovasi jam lilin bahkan diakui oleh sejarawan Inggris Donald Routledge Hill sebagai penemuan jam lilin terbaik. Jam lilin atau Candle Clock temuannya bukanlah alat yang berfungsi menunjukkan waktu, akan tetapi pengukur lamanya waktu sebuah kejadian. Dalam temuan tersebut, lilin akan terbakar konstan dan menunjukkan periodisasi waktu dengan dilengkapi berbagai alat yang memastikan proses pembekaran tidak terganggu.

Al-Jazari juga dikenal sebagai salah satu pionir dalam bidang robotika. Salah satu penemuannya yaitu jam gajah disebut-sebut sebagai cikal bakal robotika yang hingga kini masih popular.

Jam gajah penemuan Al-Jazari merupakan sebuah jam mekanik yang berbentuk seperti gajah dan dapat bergerak sendiri atau disebut Automaton. Automaton tersebutlah yang menjadi cikal bakal robotika, sehingga ia mendapatkan julukan sebagai Bapak Robotika Dunia.

Dengan sejumlah penemuan lainnya seperti jam astronomi berbahan bakar air yang paling canggih hingga kini, penemuan teknologi toilet siram dan lainnya penemuan Al-Jazari melampaui kemajuan pada zamannya.

Al Jazari banyak menemukan berbagai karya ketika dirinya dipercaya sebagai kepala insinyur di Istana Arkutu, Dinasti Artuqid di Diyar-Bakir yang kini wilayah tersebut masuk dalam wilayah Turki.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − three =