Akikah untuk Cucu, Bagaimana Hukumnya?

 Akikah untuk Cucu, Bagaimana Hukumnya?

Kakek akikahi cucunya (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Akikah menjadi tanggung jawab bagi orangtua kepada anaknya setelah lahir. Akan tetapi bagaimana hukumnya jika akikah tersebut dilaksanakan oleh kakek kepada cucunya?

Pada dasarnya, tanggung jawab untuk melaksanakan akikah sang anak dianjurkan bagi ayah anak tersebut. Selama ayah dari anak tersebut masih ada dan mampu, maka dia dianjurkan untuk mengakikahi anaknya.

Apabila sang ayah tidak mampu, atau karena sebab lainnya, maka anak tersebut boleh diakikahi oleh orang lain, termasuk oleh kakek dari anak tersebut. Dikutip dari Bincangsyariah, ulama mengatakan boleh hukumnya seorang kakek melakukan akikahi untuk sang cucu.

Apalagi jika ayah dari anak tersebut sudah mengizinkan, maka tidak ada masalah bagi sang kakek untuk melakukan akikah cucunya.

Ini sebagaimana disebutkan dalam Darul Ifta’ Al-Mishriyah berikut;

والحكم في هذه المسألة أن الأب هو المخاطب أصالة بالعقيقة، أما إذا كان الأب معسرًا ففعلها الجد فلا بأس به، بل هو مستحب. وأما إذا فعلها الجد ابتداء دون إذن من الأب فأقره الأب جاز، وإلا دفع إليه ثمنها إن شاء

“Hukum dalam masalah ini, bahwa ayah pada dasarnya yang dianjurkan mengakikahi anaknya. Jika ayah tidak mampu, kemudian digantikan oleh kakek, hukumnya boleh. Bahkan dianjurkan. Namun jika langsung dilakukan kakek tanpa izin dari ayah, kemudian si ayah menyetujuinya, hukumya boleh. Jika tidak, dia bisa ganti seharga kambing, jika bersedia.”

Perihal akikah ini, Nabi Saw juga pernah mengakikahi cucunya, yaitu Sayidina Hasan dan Husain. Ini menunjukkan bahwa mengakikahi cucu bagi seorang kakek hukumnya boleh, bahkan hal itu dianjurkan terutama jika sudah izin dari ayah anak tersebut.

Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dari Ibnu Abbas, dia berkata;

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَّ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا

“Sesungguhnya Nabi Saw pernah melakukan akikah untuk Hasan dan Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).”

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − 13 =