9 Ciri-ciri Hamba Allah yang Sejati

 9 Ciri-ciri Hamba Allah yang Sejati

Ciri-ciri hamba Allah yang sejati (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Dalam Alquran surah Al-Furqon menyebut Hamba-hamba Allah yang sejati dan istimewa sebagai “hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pemurah”. Mereka adalah orang-orang yang berjuang untuk memperkuat karakteristik illahi dalam diri mereka sendiri dan memperlakukan orang lain dengan kebaikan.

Bagian dari Alquran surah Al-Furqon juga menyebut syarat hamba-hamba Allah dan memperkenalkan kriteria penghambaan dengan cara ini. Hamba-hamba ini telah diperkenalkan sebagai:

“Hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pemurah”. “(Di antara) hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pemurah adalah mereka yang berjalan dengan lembut di bumi dan ketika disapa oleh orang-orang yang bodoh, satu-satunya tanggapan mereka adalah, ‘Damai sejahtera bagimu’.” (Surat Al-Furqan, ayat 63)

Berikut ini beberapa ciri-ciri hamba Allah yang sejati:

1. Tidak sombong dan egois

Hamba Allah yang istimewa tidak sombong dan mementingkan diri sendiri. Hal ini tercermin dalam tindakan dan perilakunya.

2. Sabar dan penuh toleransi

Hamba Allah yang sejati ialah orang-orang yang sabar dan menghargai yang lain, serta tidak menghujat orang yang berbeda.

3. Beribadah dengan tulus kepada Allah

4. Beribadah saat orang lain terlelap

5. Berdoa terhindar dari api neraka

6. Menghindari sikap ekstrem

Hamba Allah yang sejati tidak menyukai bersikap ekstrem, terutama dalam masalah sedekah. Beberapa orang menyumbangkan harta mereka dengan cara yang mungkin membuat mereka jatuh miskin.

Sementara yang lain tidak memberikan sumbangan karena takut miskin. Hamba Allah Yang Maha Pemurah tidak dikategorikan dalam dua kelompok ini dan mengadopsi pendekatan moderat.

7. Tidak Menyekutukan Tuhan

8. Tangan tidak ternoda darah orang yang tidak bersalah

9. Tidak berbuat dosa

Itulah 9 ciri-ciri hamba Allah yang sejati, sebagaimana sebagian telah disebutkan dalam Alquran surah Al-Furqon.

 

 

Sumber : IQNA

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten + 2 =