86 Warga Palestina Terluka Akibat Serangan Tentara Israel di Kota Nablus

 86 Warga Palestina Terluka Akibat Serangan Tentara Israel di Kota Nablus

Nablus, Palestina, Diserang Pasukan Israel dan Pemukim Ilegal: 1 Orang Tewas dan 18 Lainnya Terluka (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Tentara Israel kembali menyerang warga Palestina pada Rabu (17/5). Sebanyak 86 warga Palestina luka-luka akibat serangan di kota Nablus di utara Tepi Barat.

Organisasi Perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) dalam pernyataanya mengatakan titik serangan di sekitar Makam Yusuf.

“Kami menangani 86 orang terluka selama bentrokan yang terjadi antara warga Palestina dan tentara Israel di sekitar Makam Yusuf, sebelah timur Nablus,” tulis laporanya dilansir dari Anadolu Agency, Jumat (19/3/2023).

Ia melanjutkan, di antara korban luka, mereka para korban ada yang luka berat akibat peluru tajam.

“Lima luka berat akibat peluru logam dan tabung gas, serta 80 lainnya menderita sesak nafas akibat gas air mata,” sambungnya.

Bentrokan antara pemuda Palestina dan tentara Israel pecah pada Rabu pagi (17/3) ketika pasukan Israel menggerebek area Makam Yusuf, sebelah timur Nablus.

Saksi mata mengatakan bentrokan juga terjadi antara orang-orang bersenjata Palestina dan tentara Israel, yang menggunakan senjata tajam dan peluru timah serta tabung gas air mata.

Motif serangan diduga karena orang-orang Yahudi percaya bahwa situs tersebut merupakan tempat pemakaman patriark Yusuf.

Sementara warga Muslim menantang pernyataan itu dengan menyebut makam tersebut merupakan makam dari seorang ulama Islam yakni Sheikh Yussef Dawiqat.

Dimana ia dimakamkan di tempat tersebut sejak dua abad lalu. []

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *