65 Persen Masyarakat Indonesia Buta Al Qur’an? Ini Kata Menag

 65 Persen Masyarakat Indonesia Buta Al Qur’an? Ini Kata Menag

65 Persen Masyarkat Indonesia Buta Alquran? Ini Kata Menag

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan meski pun Indonesia memiliki mayoritas penduduk beragama Islam, akan tetatpi 65 persen di antara umat Islam Indonesia ternyata masih buta aksara Al Qur’an.

Hal tersebut disampaikan menag dalam peluncuran publikasi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXVII di Sumatera Barat, yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (28/7/20).

“Data kita saat ini masih ada 65 persen umat Islam di Indonesia yang masih buta aksara Alquran. Angka itu sangat tinggi untuk negara yang mayoritas Muslim,” ujar dia dari Jakarta.

Acara peluncuran yang juga diikuti secara daring oleh beberapa Dirjen Kementerian Agama di Jakarta dan juga pemerintah provinsi Sumatera Barat selaku tuan rumah MTQ Nasional 2020 yang secara langsung diikuti Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama jajaran di Padang.

Menurut Menag, jumlah warga yang melek huruf Alquran juga akan berbanding lurus dengan tingkat pemahaman penghayatan yang berasal dari Alquran.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberantas buta aksara Alquran ini,” kata dia.

Lebih lanjut Menag menyampaikan apresiasi terhadap Sumatera Barat atas komitmen penyelenggaraan MTQ Nasional yang dijadwalkan akan dilaksanakan November mendatang.

Menag menyadari bahwa pandemi Covid-19 jangan menjadi penghalang untuk produktif dan proaktif melaksanakan dan menjalankan berbagai kegiatan positif, termasuk MTQ.

Oleh karena itu dalam kondisi pandemi Covid-19, gelaran MTQ Nasional XXVII di Padang, Sumbar nantinya diharapkan seluruh pihak harus berkomitmen penuh menerapkan protokol kesehatan di semua lini.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 5 =