6 Tips Shalat Khusyu dari Habib Umar bin Hafidz

 6 Tips Shalat Khusyu dari Habib Umar bin Hafidz

6 Tips Shalat Khusyu dari Habib Umar bin Hafidz

HIDAYATUNA.COM – Ketika sholat, kita dituntut sebisa mungkin untuk berkonsentrasi dan khusyu. Diantaranya dengan menatap satu titik di tempat sujud, memahami arti bacaan surah dan menghadirkan Allah didalam hati kita.

Terkait pentingnya khusyu ini diceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah berganti baju karena pada baju yang beliau kenakan terdapat gambar yang mengganggu ke khusyuannya dalam shalat.

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي خَمِيصَةٍ لَهَا أَعْلَامٌ وَقَالَ شَغَلَتْنِي أَعْلَامُ هَذِهِ فَاذْهَبُوا بِهَا إِلَى أَبِي جَهْمٍ وَأْتُونِي بِأَنْبِجَانِيِّهِ

“Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari az-Zuhri dari Urwah dari Aisyah bahwa Rasulullah SAW pernah shalat memakai baju memiliki gambar tanda. Lalu beliau bersabda, ‘Gambar corak tanda baju ini menggangguku (dalam hal khusyu’) ketika sedang shalat, karena itu bawalah baju ini kepada Abu Jahm, dan bawakan untukku baju yang polos'”

Bahkan perkara khusyu dalam shalat ini menjadi salah satu penyebab turunnya ayat al-Quran, yaitu surah al-Baqarah ayat 238 :

عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ قَالَ كُنَّا نَتَكَلَّمُ فِي الصَّلَاةِ يُكَلِّمُ أَحَدُنَا أَخَاهُ فِي حَاجَتِهِ حَتَّى نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ {حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ} فَأُمِرْنَا بِالسُّكُوتِ

“Dari Zaid bin Arqam dia berkata; “Kami berbincang-bincang pada waktu shalat. Seorang dari kami berbicara dengan temannya karena ada satu keperluan, hingga akhirnya turunlah ayat: “Dan berdirilah untuk Allah dalam shalatmu dengan khusyu”. Lalu kami diperintahkan untuk diam.’

Namun dalam prakteknya khusyu adalah bukan hal yang mudah, terlebih saat shalat sering muncul berbagai pikiran atau hal-hal yang sebelumnya tidak sempat kita pikirkan karena padatnya kegiatan.

6 Tips Shalat Khusyu dari Habib Umar bin Hafidz :

Terkait hal ini, Habib Umar bin Hafidz ulama besar dari hadramaut Yaman membagikan 6 tips agar kita dapat shalat dengan khusyu :

Pertama, (Hudurul Qolb) Hadirnya hati. Menghadirkan hati ini harus di latih terus-menerus, bila hati mulai tidak konsentrasi maka paksakan untuk kembali lagi mengingat Allah SWT, maka Insyaallah hati akan terbiasa hudhur.

Kedua, (Tafahhumul Ma’ani) Memahami Maknanya, maksudnya adalah saat kita shalat usahakan agar kita dapat memahami arti dari ayat yang kita baca dan gerakan yang sedang kita lakukan.

Ketiga, (Al ijlal Wa Ta’dzhim) Mengagungkan dan memuliakan Allah SWT. Mungkin hati kita telah hadir, kita juga mengetahui arti dari ayat yang kita baca namun tanpa adanya pengagungan kepada Allah SWT, maka layaknya seseorang yang memahami perkataan anak kecil namun tidak terlalu menghiraukannya.

Keempat, (Al ijlal Wat Ta’dzhim Ma’al Haibah) Hendaknya rasa memuliakan dan mengagungkan Allah SWT tadi di iringi dengan rasa Haibah atau Wibawa. Maksudnya karena keagungan Allah SWT kita takut jika shalat kita tidak di terima oleh Allah SWT.

Kelima, (ar-Raja’) Pengharapan yang kuat, yaitu saat shalat kita harus berharap dengan sangat bahwa shalat kita diterima oleh Allah SWT serta mengharapkan balasan yang agung dari Allah SWT.

Keenam, (Haya’) Adanya rasa malu bahwasannya kita tidak menunaikan hak Allah dengan semestinya, sehingga Kita selalu berusaha trus menerus memperbaiki shalat kita

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

six − two =